Waduh! Mantan PM Malaysia Ini Terancam Bangkrut

  • Whatsapp
Waduh! Mantan PM Malaysia Ini Terancam Bangkrut

MEDIA24JAM.MY.ID: Waduh! Mantan PM Malaysia Ini Terancam Bangkrut,

Jakarta, CNBC Indonesia -Nasib mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mungkin bak jatuh tertimpa tangga. Selain dihadapkan sejumlah skandal, ia kini menghadapi kebangkrutan.

Bacaan Lainnya

Hal itu terkait kegagalannya membayar pajak lebih dari US$ 400 juta atau setara Rp 5,6 triliun. Jika ia tak mampu menyelesaikan tagihannya, pejabat pajak akan segera memproses persidangan soal kebangkrutannya.



Malaysia's former prime minister Najib Razak leaves after giving a statement to the Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) in Putrajaya, Malaysia May 22, 2018. REUTERS/Lai Seng SinFoto: REUTERS/Lai Seng Sin
Malaysia’s former prime minister Najib Razak leaves after giving a statement to the Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) in Putrajaya, Malaysia May 22, 2018. REUTERS/Lai Seng Sin

Dikutip AFP, nilai fantastis ini muncul dari keputusan pengadilan agar soal pajak terutang antara 2011 dan 2017. Pada saat persidangan itu, ia dituduh mencuri miliaran dolar dari dana investasi negara 1MDB.

Ia sendiri lolos dengan membayarkan jaminan namun pajak ini masih harus dibayarnya. Jika dia dinyatakan bangkrut, ia akan kehilangan kursinya di parlemen dan dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan.

Najib membantah tuduhan pengemplangan pajak ini. Pria berusia 67 tahun itu bersikeras bahwa dia selalu membayar pajak dan kasus terhadapnya bermotif politik.

“Saya akan terus berdiri dan melawan setiap upaya untuk menggertak dan mengintimidasi saya oleh mereka yang berkuasa,” tulisnya di Facebook, menambahkan dia telah meminta pengacaranya untuk mencoba menghentikan persidangan, dikutip Rabu (7/4/2021).

Najib kehilangan kekuasaan pada 2018 ketika partainya, yang telah memerintah negara Asia Tenggara selama enam dekade. Ia dikalahkan dalam pemilihan setelah ia terseret dalam skandal keuangan 1MDB yang merugikan Malaysia US$ 700 juta atau setara Rp 9,8 triliun.

Terlepas dari keterlibatannya dalam skandal 1MDB, Najib sendiri masih menjadi sosok yang populer di Malaysia dengan lebih dari empat juta pengikut di Facebook. Akhir tahun lalu, ia sempat mengkritik lambannya investasi asing masuk ke Malaysia dan membandingkannya dengan RI.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *