Ternyata Desain Istana Garuda di Ibu Kota Baru Masih ‘Mentah’

  • Whatsapp
Ternyata Desain Istana Garuda di Ibu Kota Baru Masih ‘Mentah’

MEDIA24JAM.MY.ID: Ternyata Desain Istana Garuda di Ibu Kota Baru Masih ‘Mentah’,

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian PPN/Bappenas menegaskan desain istana negara di Kalimantan Timur saat ini masih memasuki tahap gagasan awal sehingga prosesnya terus bergulir. Kementerian PUPR¬†sempat menggelar sayembara, dengan pemenangnya konsep ‘Istana Garuda’ yang sempat viral di medsos.

Bacaan Lainnya

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata menjelaskan desain istana negara ibu kota negara baru yang berbentuk Garuda adalah rancangan biro arsitek Nuart yang dimiliki Nyoman Nuarta.

“Sepertinya desain tersebut merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana,” ujar Rudy melalui siaran resminya, Kamis (1/4/2021).


Desain garuda untuk Istana Presiden baru ini dibuat oleh Nyoman Nuarta. Ia merupakan pematung Indonesia, salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. Salah satu mahakaryanya adalah Patung Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua Bali.

Desain garuda rancangan Nyoman Nuarta di calon Istana Presiden di ibu kota baru tersebut menuai kritik dari para arsitek di Indonesia.

Asosiasi Profesi Ikan Arsitek Indonesia, Green Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP).

Mereka mengkritik setelah melihat desain tersebut dalam Instagram Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada medio Maret lalu.

Salah satu kritiknya bahwa bangunan istana negara yang menyerupai Garuda dianggap tidak mencirikan kemajuan peradaban bangsa. Apalagi di era digitalisasi dengan visi yang berkemajuan, era bangunan emisi rendah karbon, dan pasca Covid-19 atau new normal.

Sementara itu pemerintah mengakui bahwa desain yang beredar memang resmi dari Kementerian PUPR, hasil sayembara. Apakah desain ini bisa berubah?

“Kita tunggu hasil pengayaan nanti. Semua itu masih ide desain sebagai pengayaan Urban Design Development yang disusun,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti kepada CNBC Indonesia, Kamis (1/4/2021)

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *