Success Story PPKM: Corona Melambat, Ekonomi Menggeliat!

  • Whatsapp
Success Story PPKM: Corona Melambat, Ekonomi Menggeliat!

MEDIA24JAM.MY.ID: Success Story PPKM: Corona Melambat, Ekonomi Menggeliat!,

Jakarta, CNBC Indonesia – Keyakinan konsumen Indonesia semakin membaik, sudah hampir masuk zona optimistis. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) tidak membuat konsumen kehilangan harapan akan prospek perekonomian.

Bacaan Lainnya

Bank Indonesia (BI) mengumumkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Maret 2021 berada di 93,4. Meningkat dibandingkan dengan 85,8 dan 84,9 pada Februari dan Januari 2021 dan mencatat rekor tertinggi sejak Desember 2020.

IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Kalau masih di bawah 100, maka artinya konsumen cenderung pesimistis memandang perekonomian saat ini hingga enam bulan mendatang.


Meski masih di bawah 100, tetapi terlihat IKK dalam tren meningkat. Jika keyakinan ini bisa dijaga, atau bahkan ditingkatkan, maka bukan tidak mungkin pada bulan-bulan mendatang sudah bisa menembus level 100.


IKK terdiri dari dua sub-indeks besar yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Pada Maret 2021, IKE memang masih cukup jauh di bawah zona optimistis yaitu 72,6. Namun jauh lebih baik ketimbang posisi Februari 2021 yang berada di 65,1.

“Responden menyampaikan bahwa perkembangan program vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 yang berjalan lancar turut mendorong penguatan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi,” sebut laporan BI.

Perbaikan IKE terutama disumbangkan oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 11,8 poin. Artinya, konsumen berpandangan bahwa mencari kerja saat ini sudah lebih mudah meski angkanya masih cukup jauh dari level optimistis.


Walau pandangan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini masih pesimistis, tidak dengan ekspektasi ke depan yang tercermin dari IEK. Pada Maret 2021, IEK tercatat 114,1, jauh membaik dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 106,5.

Lagi-lagi perbaikan disumbang oleh ketersediaan lapangan kerja. Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja yang naik 9,4 poin.


Halaman Selanjutnya –> PPKM Tak ‘Korbankan’ Ekonomi Rakyat

Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *