Penampakan Istana Baru Jokowi di Ibu Kota Baru, Dibangun 2021

  • Whatsapp
Penampakan Istana Baru Jokowi di Ibu Kota Baru, Dibangun 2021

MEDIA24JAM.MY.ID: Penampakan Istana Baru Jokowi di Ibu Kota Baru, Dibangun 2021,

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah memastikan tahun ini istana presiden di ibu kota negara baru akan dibangun berdasarkan master plan yang sudah disusun sebelumnya. Pembangunan dimulai tahun ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Bappenas/Menteri PPN Suharso Monoarfa mengatakan semua rancangan yang ada di dalam master plan pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Pihaknya optimistis pembangunan bisa dimulai tahun ini ini.

“Kita optimis mudah-mudahan istana presiden bisa di groundbreaking pada tahun ini,” ujar Suharso dalam rapat kerja bersama Komisi XI beberapa waktu lalu dikutip Sabtu (27/3/2021).


Dihubungi terpisah, Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan realisasi fisik pembangunan Istana Presiden di ibu kota baru dipastikan tidak akan jauh berbeda dari desain hasil pemenang sayembara pada tahun lalu.

Kendati demikian, masih dibutuhkan kajian mendalam untuk realisasi desain tersebut.

“Itu tidak terlalu jauh berbeda dari desain yang dimiliki Kementerian PUPR, akan disesuaikan dengan realisasi di lapangan tapi basic design masih mengacu ke situ,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Menengok pemenang sayembara desain kawasan ibu kota negara, wilayah eksekutif presiden termasuk istana akan diapit oleh gedung lembaga yudikatif seperti Mahkamah Agung dan lembaga legislatif seperti DPR-MPR.

Rudy menjelaskan dari desain yang sudah beredar saat ini baru sebatas gambaran atau konsep dasar. Dalam merealisasikannya masih dibutuhkan banyak pertimbangan.

“Kita harus melihat kondisi lahan di sana, bisa saja ada lahan yang sulit dibangun sehingga butuh penyesuaian. Apakah ada kawasan mangrove tentu kita tidak bisa bangun, harus ada penyesuaian. Lokasi juga mana yang lebih pas untuk dibangun kota,” jelasnya.

“Masih harus dipilah mana yang bisa dibangun kota, mana daerah lindung, mana kawasan pertanian,” ujarnya lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *