P2G Minta Pemerintah Serius Perhatikan Guru Honorer K2

  • Whatsapp
P2G Minta Pemerintah Serius Perhatikan Guru Honorer K2

Media24jam.my.id – Pakar pendidikan merekomendasikan agar rekrutmen guru honorer ditiadakan dan diubah semuanya menjadi guru calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Usulan itu pun direspons oleh Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G).

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan, ada baiknya pemerintah mengurusi terlebih dahulu persoalan guru honorer kategori 2 (K2) yang belum diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejak 2005 hingga saat ini.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah menyelesaikan dulu hutang yang belum dilunasi, khususnya kepada guru-guru honorer yang statusnya K2,” tutur dia kepada Media24jam.my.id, Kamis (25/3).

Apalagi, para guru honorer itu sampai saat ini telah mengabdi selama puluhan tahun dengan status guru honorer meskipun sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan. Hal ini dirasa tidak adil bagi mereka jika tetap dibiarkan begitu saja.

“Guru-guru honorer K2 ini adalah guru-guru honorer yang paling tua dalam pengabdian, bukan dari usia, dalam pengabdian, karena mereka sudah mendapatkan SK dari pemerintah itu sejak sebelum tahun 2005,” ujar dia.

Dia mengharapkan keadilan didapatkan oleh guru-guru tersebut, baik sebagai PNS atau PPPK. Utamanya, permasalahan ini harus segera diselesaikan karena kasus ini sudah berlarut-larut.

Baca Juga: Marzuki Alie Laporkan AHY ke Bareskrim

“Sekarang mau PPPK, mau apa, yang penting guru-guru honorer K2 ini mesti dituntaskan, (bisa) menjadi PPPK, mereka sudah lama mengabdi ” ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya terus meminta kepada pemerintah untuk memberikan afirmasi kepada mereka yang telah mengabdi selama puluhan tahun dalam rekrutmen PPPK tahun ini. “Kami dari awal meminta afirmasi tanpa tes untuk menjadi PPPK, ini yang kami dorong dari awal,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pakar Pendidikan Solehuddin merekomendasikan agar sistem seleksi dan pengangkatan guru baru ditiadakan untuk guru honorer. Langkah awal adalah menjadikan seluruh guru baru berstatus sebagai calon PPPK dengan ketentuan jelas mengenai gaji dan periode waktu pengabdiannya.

Bagi mereka yang telah direkrut diberlakukan standar dan memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan bisa diangkat menjadi guru PPPK.

“Lalu, PPPK ke PNS perlu ada tes khusus yang betul-betul nanti bisa memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang disyaratkan pemerintah, guru-guru itu yang bisa menjabat sebagai guru PNS,” tandasnya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Komisi X DPR RI, Kamis (18/3).


Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *