Lebih Heboh dari Belanda, 5 Ribu Orang di Barcelona Ikut Konser Uji Coba Era Covid

  • Whatsapp
Lebih Heboh dari Belanda, 5 Ribu Orang di Barcelona Ikut Konser Uji Coba Era Covid
Di Barcelona, Konser Musik Buat Eksperimen Penularan Covid Libatkan Ribuan Orang

Ribuan orang di Barcelona menonton konser band indie Love of Lesbian sebagai eksperimen prokes baru era Covid-19. Foto oleh Angel Garcia/Bloomberg via Getty Images 

Bacaan Lainnya

Setelah Belanda gelar acara musik untuk meneliti risiko penularan Covid-19 di acara luar ruangan, pendekatan serupa digelar di Spanyol. Tak tanggung-tanggung, skala eksperimen di Barcelona ini lebih massif daripada Belanda, melibatkan ribuan orang di stadion raksasa pada 27 Maret 2021.

Konser untuk penelitian ilmiah di Barcelona itu menjadi konsentrasi massa luar ruangan terbesar di Eropa sejak pandemi dimulai tahun lalu. Lebih dari 5.000 orang menonton konser yang digelar band indie Spanyol, Love of Lesbian, di Stadion Palau Sant Jordi.

Pemerintah Spanyol sengaja merancang konser ini untuk menjadi uji coba protokol kesehatan untuk acara luar ruangan. Seperti prokes ruang publik lainnya, pengunjung akan dipantau suhu tubuhnya, wajib pakai masker, dan diperiksa apakah punya kondisi medis bawaan atau pernah berinteraksi dengan penderita Covid-19 seminggu sebelum acara. Bila salah satu syarat di atas tidak terpenuhi, pengunjung dilarang masuk arena konser.

Menariknya, setelah masuk arena konser, tak ada social distancing. Semua orang wajib pakai masker tapi bebas mau joget, sing a long, atau bahkan moshing.

Penyanyi Love of Lesbian, Santi Balmes, kepada para penonton mengaku terharu karena akhirnya bisa kembali menggelar konser. “Sudah satu setengah tahun band kami tidak merasakan tampil di atas panggung. Beberapa kawanku, kalau kalian bisa lihat, sekarang sedang menangis gembira.”

Pengunjung konser uji coba ini akan terus dipantau kondisi kesehatannya. Penyelenggara, yayasan Fight Aids and Infectious Diseases, akan melihat efektivitas prokes yang mereka terapkan sebagai tata cara baku bagi industri hiburan bangkit kembali.

Salah satu pengunjung konser, Jose Parejo, mengaku tidak keberatan jadi kelinci percobaan macam ini. “Setidaknya, untuk waktu singkat, saya bisa terlepas dari kenyataan. Konser uji coba ini mengingatkan semua pengunjung kalau hidup pernah normal. Sayangnya, hidup kita sekarang sedang tidak normal sama sekali.”

Simak keriuhan foto-foto konser uji coba di Barcelona berikut:

GettyImages-1309411772.jpg

Attendees of the Love of Lesbian gig undergo rapid COVID tests before entry. Photo: Xavi Torrent/Getty Images

Attendees of the Love of Lesbian gig on Saturday

Photo: Pau Venteo/Europa Press via Getty Images

Attendees of the experimental Love of Lesbian concert in Barcelona, a pilot run by Spanish health authoriites.

Foto oleh Angel Garcia/Bloomberg via Getty Images

Five thousand people attend a concert in Barcelona this weekend. All were required to wear masks and pass a same-day COVID test

Foto oleh Pau Venteo/Europa Press via Getty Images

Attendees of the experimental Love of Lesbian concert in Spain

Foto oleh Pau Venteo/Europa Press via Getty Images

GettyImages-1309483315.jpg

Photo: Xavi Torrent/Getty Images

GettyImages-1309590616.jpg

Photo: Pau Venteo/Europa Press via Getty Image

Artikel ini pertama kali tayang di Media24jam.my.id Spanyol

Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *