Kim Jong Un Ngamuk? Korut Tembak Rudal ke Laut Jepang

  • Whatsapp
Kim Jong Un Ngamuk? Korut Tembak Rudal ke Laut Jepang

MEDIA24JAM.MY.ID: Kim Jong Un Ngamuk? Korut Tembak Rudal ke Laut Jepang,

Jakarta, CNBC Indonesia – Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan rudal ke laut, Kamis (25/3/2021) pagi. Kepala staf gabungan militer Korea Selatan (Korsel) menyebut rudal diluncurkan ke Laut Jepang atau Laut Timur di Korea.

Bacaan Lainnya

Melansir AFP, tidak ada rincian lebih lanjut soal jenis perangkat atau berapa banyak yang ditembakkan secara total. Insiden ini terjadi setelah Pyongyang menembakkan dua rudal non balistik jarak pendek ke arah barat menuju China akhir pekan lalu.


Ini menyusul kunjungan pejabat tinggi AS untuk membahas keamanan aliansi dan keamanan di Asia, di mana Korut disebut sebagai ancaman. Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengunjungi Jepang dan Korsel pekan lalu.

Hal senada juga dikabarkan Jepang. Reuters menulis, penjaga pantai Negeri Sakura memperingatkan kapal agar tidak mendekati benda yang jatuh, yang diduga rudal balistik.

Korut yang memiliki senjata nuklir dilarang mengembangkan rudal balistik berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB. Tetapi negeri Kim Jong Un telah membuat kemajuan pesat, menguji rudal yang mampu mencapai seluruh benua Amerika Serikat saat ketegangan meningkat pada tahun 2017.

Pekan lalu, Korut sempat melontarkan ancaman ke Amerika Serikat (AS) dan Presiden Joe Biden. Negara itu menganggap AS telah membuat teori gila tentang negeri itu.

Korut juga kemarin, marah besar ke Eropa. Hal ini terjadi setelah Uni Eropa menjatuhkan sanksi ke sejumlah negara yang dianggap melanggar hak asasi manusia (HAM) termasuk Korut, China dan Rusia.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *