Jokowi Minta BMKG Siapkan Peringatan Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp
Jokowi Minta BMKG Siapkan Peringatan Cuaca Ekstrim

Media24jam.my.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menyiapkan peringatan cuaca ekstrim lebih maksimal. Karena diketahui telah terjadi Siklon Tropis Seroja mengakibatkan bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Harus dilakukan antisipasi terhadap bahaya lanjutan adanya cuaca yang sangat ekstrim yang terjadi di berbagai kawasan di Indonesia dan juga saya minta BMKG untuk menggencarkan peringatan cuaca ekstrim akibat dari Siklon Tropis Seroja ini,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (6/4).

Bacaan Lainnya

Karena itu, kata Jokowi, harus dipastikan seluruh kepala daerah dan masyarakat dapat mengakses memantau prediksi cuaca dan iklim yang dikeluarkan oleh BMKG.

Jokowi juga mengatakan, masyarakat harus meningkatkan kesiagaannya dengan memantau peringatan dari BMKG ini. Sehingga bisa mengantisipasi bahaya bencana-bencana susulan yang terjadi.

“Mereka harus tahu semuanya, sehingga masyarakat bisa meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaannya untuk menghadapi ancaman risiko baik itu angin kencang, bahaya banjir, banjir bandang dan tanah longsor,” katanya.

Baca Juga: Sudah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

Diketahui, pada Selasa (6/4) sebanyak 8.424 warga NTT mengungsi akibat cuaca ekstrem dampak Siklon Rropis Seroja. Pengungsian terbesar teridentifikasi berada di Kabupaten Sumba Timur dengan jumlah 7.212 jiwa atau 1.803 KK. Kemudian di Lembata 958 jiwa, Rote Ndao 672 jiwa atau 153 KK, Sumba Barat 284 jiwa atau 63 KK dan Flores Timur 256 jiwa.

Selain pengungsi, BNPB juga menyebut sebanyak 72 orang hilang dampak Siklon Tropis Seroja di NTT. Dengan rincian, 28 orang hilang di Kabupaten Alor, Flores Timur 23 dan Lembata 21.

Sementara itu, 1.962 rumah terdampak, 119 rumah rusak berat (RB), 118 rumah rusak sedang (RS) dan 34 rumah rusak ringan (RR).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *