Duh! Mudik Lebaran Dilarang 2021, Ekonomi Tertekan Lagi

  • Whatsapp
Duh! Mudik Lebaran Dilarang 2021, Ekonomi Tertekan Lagi

MEDIA24JAM.MY.ID: Duh! Mudik Lebaran Dilarang 2021, Ekonomi Tertekan Lagi,

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah melarang mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021 demi menghindari risiko penularan Covid-19. Tapi akibatnya, pemulihan ekonomi nasional akan kembali tertahan.

Bacaan Lainnya

Baik pemerintah, dunia usaha maupun ekonom meyakini ekonomi tumbuh jauh lebih tinggi di kuartal II-2021 dikarenakan pada tahun lalu, terjadi kontraksi yang sangat dalam yaitu -5,32%. Pemerintah bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi di atas 7% (yoy).

“Pertumbuhan ekonomi positif untuk tumbuh drastis (karena base effect) akan tertahan karena dampak kebijakan ini,” kata Ekonom Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/3/2021)


Beberapa sektor yang dipastikan tertekan menurut Myrdal adalah transportasi, perhotelan, ritel hingga berbagai jasa lainnya. Meskipun sektor tersebut sekarang tengah dalam tren pemulihan yang baik.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah, menilai keputusan ini memang memberatkan dalam jangka pendek tapi sangat baik ke depannya, apalagi untuk ekonomi.

“Permasalahan utama kita itu adalah pandemi. Saya mendukung kebijakan pemerintah melarang mudik. Karena hal tersebut akan mengurangi risiko lonjakan kasus covid yang sekarang ini sedang dalam tren menurun,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia dalam kesempatan berbeda.

“Apabila kasus covid bisa dipertahankan terus menurun. Sementara vaksinasi juga terus dilakukan. Kita bisa berharap pandemi bisa mereda bahkan berakhir. Perekonomian akan pulih ketika pandemi berakhir,” tegas Piter.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *