Di TikTok, Ada Tutorial Memasak Makanan yang Muncul di Berbagai Animasi Ghibli

  • Whatsapp
Di TikTok, Ada Tutorial Memasak Makanan yang Muncul di Berbagai Animasi Ghibli
Karakter No-Face dalam Spirited Away sedang pesta makan

Cuplikan gambar dari film ‘Spirited Away’ / arsip studio Ghibli

Bacaan Lainnya

Spirited Away tidak diragukan lagi adalah film Studio Ghibli paling populer sepanjang masa. Digarap oleh Hayao Miyazaki, film ini mengisahkan tentang anak perempuan Chihiro yang terjebak dalam dunia roh bersama kedua orang tuanya setelah memasuki gerbang misterius. Mereka bertiga mencium aroma makanan enak dari restoran, dan orang tua Chihiro menyantapnya tanpa pikir panjang.

Tak mendengarkan larangan sang putri, mereka berubah jadi babi. Chihiro harus bekerja di tempat pemandian milik penyihir jahat jika ingin orang tuanya berubah kembali menjadi manusia. Berbagai jenis makanan yang ditampilkan dalam film tampak lezat, dari agar-agar warna-warni sampai babi panggang.

Selain karena film-filmnya yang bagus, studio animasi Jepang ini kerap dipuji karena kehebatan mereka menampilkan adegan makanan dengan sangat realistis dan menggiurkan. Sudah banyak penggemar Ghibli dan anime di luar sana yang berusaha meniru hidangan-hidangan yang muncul dalam film favorit mereka.

Contohnya seperti Sylvia Wakana. Blogger ini rajin membuat video memasak makanan Ghibli di TikTok sejak tahun lalu. Video-videonya dijamin akan membuat perut keroncongan.

 “Saya keturunan Jepang dan sudah dari dulu menyukai film Studio Ghibli,” kata perempuan yang tinggal di Los Angeles tersebut. “Filmnya sangat ikonik dan telah mendarah daging dalam budaya Jepang. Saya merasa film-film ini juga menjadi bagian dari diriku.” 

 Seperti yang Sylvia katakan, makanan adalah budaya. Dari bahan-bahan yang digunakan hingga cara menghidangkan makanan memiliki makna budaya yang mendalam. Kita bisa melihat sendiri bagaimana makanan menyatukan para karakter dalam film Ghibli. Museum Ghibli di Mitaka, Tokyo bahkan mengadakan pameran bertajuk “Delicious! Animating Memorable Meals” yang mengeksplorasi peran penting kuliner dalam film-filmnya.

“Saya selalu membayangkan bisa menyantap setiap semua makanan lezat dalam film Studio Ghibli,” lanjutnya. “Jadi saya tertarik bikin sendiri!” 

 Video tutorial Sylvia tampak mudah diikuti. Dia menjabarkan resepnya sesimpel mungkin dengan alunan musik tenang yang melatarbelakangi video. Kalian bisa mencoba bikin sendiri ramen telur dan ham Ponyo, bento khas My Neighbor Totoro atau bahkan menu sarapan ala Howl’s Moving Castle. Dia ingin menirukan adegan pesta makan Spirited Away, tapi sayangnya belum kesampaian. Dia membutuhkan banyak bantuan untuk menciptakan semua makanan dalam film kesukaannya itu.

Ketika ditanyakan alasannya membuat video-video ini, Sylvia menjawab: “Saya berharap videoku dapat memicu minat penonton untuk melakukan sesuatu yang mereka anggap berbeda, menormalkan hal-hal yang selama ini dianggap ‘aneh’, dan mendorong kreativitas serta batasan seseorang dalam cara berpikir dan makan.”

Sylvia juga membagikan resep makanan yang muncul dalam anime lain macam My Hero Academia, Jujutsu Kaisen dan Food Wars. Terkadang dia membuat video tips dan trik, seperti menggunakan sumpit dengan benar dan pengucapan kosakata makanan yang tepat.

Dia gembira setiap membaca komentar penonton. Respons mereka sangat positif. Beberapa penggemar anime mengatakan ingin mencoba tutorialnya, sedangkan yang lain tergiur mencicipi hidangan yang sama sekali baru bagi mereka. “Semoga videoku bisa meningkatkan ketertarikan orang terhadap kuliner dan budaya Jepang,” Sylvia menyimpulkan.

Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *