Datang Belakangan, Tiba-Tiba Honda City Dapat Diskon Pajak!

  • Whatsapp
Datang Belakangan, Tiba-Tiba Honda City Dapat Diskon Pajak!

MEDIA24JAM.MY.ID: Datang Belakangan, Tiba-Tiba Honda City Dapat Diskon Pajak!,

Jakarta, CNBC Indonesia – Belum genap satu bulan sejak rilis, Honda City Hatchback langsung mendapat relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di awal April ini.

Bacaan Lainnya

Nama Honda City masuk dalam daftar Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. Di dalamnya tertulis mobil ini memiliki kandungan lokal sebesar 62%. Ketentuan minimum yang harus dipenuhi adalah 60%.

Padahal, mobil pengganti Honda Jazz ini tidak masuk ke dalam skema PPnBM ketika pertama kali berjalan 1 Maret lalu. Sehingga ada anggapan Honda City Hatchback ‘ujug-ujug’ langsung dapat diskon pajak. Namun pihak agen pemegang merk (APM) yakni Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menolak anggapan itu.


“Bukannya ujug-ujug masuk, tidak. Aturan resmi keluar tanggal 12 Februari, kami lihat, kami hitung dan ternyata City Hatchback local purchase-nya 70%. Waktu itu belum di-launching dan delivery April, jadi kami belum bisa mengumumkan harganya,” katanya dalam konferensi virtual, Rabu pada opening Dreams Café powered by Honda, Rabu (7/4/21).

Honda City Hatchback rilis setelah program relaksasi PPnBM berjalan 3 hari yakni pada tanggal 3 Maret lalu. Pada awal kebijakan relaksasi, mobil ini belum masuk ke dalam skema karena belum launching.

Namun, mobil lain seperti Daihatsu Rocky sudah resmi mendapat diskon meskipun belum diluncurkan di Indonesia. Billy pun menolak anggapan bahwa HPM terlambat memprosesnya.

“Tidak terlambat, aturan detil keluar 12 Februari, setelah keluar kita pelajari, kalau tetangga sudah bisa menghitung kita nggak tau, dan City Hatcback belum delivery, artinya belum tau berapa dan delivery April, kita tunggu clear baru propose,” sebut Billy

“Jadi banyak pertimbangan di sana, ada PPnBM belum juga diberikan, jadi kami lihat detil, kami pelajari dan kami propose,” lanjutnya.

Honda City Hatchback RS akan mulai dikirimkan ke dealer resmi Honda pada tanggal 8 April 2021. Harga yang ditawarkan pun lebih murah daripada Jazz yakni Rp. 289.000.000 untuk transmisi manual 6 percepatan dan Rp. 299.000.000 untuk transmisi CVT. Ini merupakan harga on the road wilayah Jakarta dan estimasi BBN Mobil Pertama tahun 2021

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *