Corona Bangkit Lagi! Munculkan Varian “Mutan Ganda” di India

  • Whatsapp
Corona Bangkit Lagi! Munculkan Varian “Mutan Ganda” di India

MEDIA24JAM.MY.ID: Corona Bangkit Lagi! Munculkan Varian “Mutan Ganda” di India,

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah India melaporkan bahwa mereka telah menemukan varian baru virus Covid-19 di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah laporan The Guardians, varian tersebut, yang dijelaskan oleh para pejabat sebagai “mutan ganda”, telah ditemukan di lebih dari 200 sampel di negara bagian Maharashtra yang menaungi ibu kota keuangan India, Mumbai.

Sekitar 20% sampel yang mengandung varian baru di Maharashtra sendiri ditemukan di kota Nagpur, pusat komersial dan logistik utama, direktur Pusat Pengendalian Penyakit Nasional, Sujeet Kumar Singh, mengatakan pada konferensi pers.


Pemerintah mengatakan bahwa analisis sampel yang dikumpulkan dari negara bagian Maharashtra itu menunjukkan “peningkatan fraksi sampel dengan mutasi E484Q dan L452R” dibandingkan dengan Desember tahun lalu. Karena sebab inilah makan varian ini disebut mutan ganda.

“Mutasi ganda seperti itu memberikan pelarian kekebalan dan peningkatan infektivitas,” kata kementerian kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu ahli virologi India Dr Shahid Jameel menambahkan bahwa “mungkin ada garis keturunan terpisah yang berkembang di India dengan mutasi L452R dan E484Q yang bersatu”.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai efek vaksin pada virus ini. India sejauh ini baru menyetujui vaksin AstraZeneca dan Bharat Biotech untuk program vaksinasinya.

Pada hari Rabu (24/3/2021), India melaporkan 47.262 infeksi baru selama periode 24 jam sebelumnya, tertinggi sejak awal November, menjadikan penghitungan keseluruhan menjadi 11,7 juta.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *