Bukan Hoaks! Data Ini Bilang Ekonomi RI Mau Terbang Tinggi

  • Whatsapp
Bukan Hoaks! Data Ini Bilang Ekonomi RI Mau Terbang Tinggi

MEDIA24JAM.MY.ID: Bukan Hoaks! Data Ini Bilang Ekonomi RI Mau Terbang Tinggi,

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada pertanda ekonomi Indonesia akan bangkit dari hantaman pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Kebangkitan ini terlihat dari konsumen yang semakin rajin berbelanja.

Bacaan Lainnya

Mengutip laporan Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) periode Maret 2021, porsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi mencapai 74,4%. Ini adalah rekor tertinggi setidaknya sejak 2012.



Berdasarkan kelompok pengeluaran, kenaikan porsi konsumsi tertinggi terjadi di masyarakat dengan pengeluaran Rp 3-4 juta per bulan. Hampir seluruh kelompok membukukan kenaikan, hanya kelompok pengeluaran Rp 2-3 juta yang turun tipis.


Seiring dengan peningkatan konsumsi, porsi pendapatan yang dialokasikan untuk menabung pun turun. Pada Maret 2021, porsinya adalah 14,7%, lagi-lagi terendah setidaknya sejak 2012.

Menurut kelompok pengeluaran, hampir seluruh kelompok mengurangi porsi menabung. Hanya kelompok dengan pengeluaran Rp 2-3 juta/bulan yang porsinya naik, tetapi tipis saja. Artinya, mereka dengan kemampuan ekonomi tidak seberapa sampai yang berpunya mengurangi menabung.


Halaman Selanjutnya –> Vaksinasi adalah Kunci

Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *