Bukan Cuma Istana Garuda, Karya Nyoman Nuarta Bikin Geger!

  • Whatsapp
Bukan Cuma Istana Garuda, Karya Nyoman Nuarta Bikin Geger!

MEDIA24JAM.MY.ID: Bukan Cuma Istana Garuda, Karya Nyoman Nuarta Bikin Geger!,

Jakarta, CNBC Indonesia – Desain beberapa gedung dan landmark di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, karya Seniman Bali Nyoman Nuarta ramai diperbincangkan sepekan terakhir. Beberapa yang menjadi viral mulai dari istana kepresidenan berbentuk Garuda, hingga masjid IKN. Dia juga berencana membuat patung besar Soekarno di Kota Baru di Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Nyoman Nuarta merupakan pemenang sayembara Istana Presiden di IKN pada 29 Maret 2021 lalu, yang digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bermula dari Rapat Koordinasi Sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara.

Nyoman adalah pembuat patung tembaga Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali ini diminta untuk menyiapkan konsep gagasan desain bangunan gedung khusus, seperti Istana Presiden/Wakil Presiden, Komplek DPR/MPR/DPD, Mahkamah Agung, Kementerian/Lembaga, Masjid, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Wihara, Kelenteng. Dan Nyoman bisa menyelesaikan konsep itu semua.


Tapi pada dasarnya, desain ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tentu bisa diimplementasikan secara pasti.

“Sepertinya desain tersebut merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana,” kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, dalam keterangan resmi.

Desain ini belum pasti, sewaktu-waktu bisa berubah. Seperti yang dikonfirmasi oleh CNBC Indonesia kepada Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti. “Kita tunggu hasil pengayaan nanti, semua itu masih ide desain sebagai pengayaan Urban Design Development,” jelasnya.

Berikut adalah karya Nyoman Nuarta yang kerap diperbincangkan di dunia maya, belakangan:

Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *