BNPT: Ada Kesamaan Aksi Bom Bunuh Diri Makassar dan Surabaya

  • Whatsapp
BNPT: Ada Kesamaan Aksi Bom Bunuh Diri Makassar dan Surabaya

MEDIA24JAM.MY.ID: BNPT: Ada Kesamaan Aksi Bom Bunuh Diri Makassar dan Surabaya,

Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar melihat ada kesamaan dalam aksi bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral, Makassar tadi pagi, Minggu (28/03/2021) dan di Surabaya pada 2018 silam. Kesamaan ini menurutnya terutama dari cara pelaku melakukan aksi.

Bacaan Lainnya

“Setidak-tidaknya cara berpikir pelaku dan sikap pelaku memiliki semacam kemiripan. Pelaku bisa memiliki kesamaan pemahaman dalam hal ideologi,” ujarnya, dikutip dari wawancara dengan CNN TV, Minggu (28/3/2021).

Menurutnya, aksi terjadinya bom bunuh diri ini sama halnya dengan kejahatan lainnya yang tidak bisa diprediksi dan tidak mudah dideteksi. Sebab, para pelaku menurutnya akan mencari kesempatan yang tidak diduga dalam melakukan aksi.


Bahkan, imbuhnya, yang menjadi sasaran pelaku tidak hanya masyarakat biasa, tapi juga bisa aparat kepolisian yang sedang bertugas. Oleh sebab itu, kejahatan yang terjadi, termasuk bom bunuh diri adalah tindakan yang tidak diduga dan bisa terjadi tanpa terdeteksi.

“Kita tidak menutup kemungkinan mengenai fakta bahkan aparat keamanan, termasuk polisi, yang sedang bertugas pun menjadi target. Ini sebuah kejahatan extra ordinary,” jelasnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini ledakan yang terjadi di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3/2021) pagi tadi diinfokan sebagai bom bunuh diri. Aparat kepolisian pun sudah menemukan potongan-potongan tubuh satu pelaku dan sepeda motor yang dipakai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan bahwa ia mengutuk aksi bom bunuh diri di Makassar pagi ini. Oleh karenanya, Presiden meminta Kepala Kepolisian RI untuk mengusut pelaku hingga tuntas.

“Saya memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku sampai ke akar-akarnya. Terorisme adalah kejahatan kemanusiaan dan tidak ada kaitannya dengan agama apapun, semua ajaran agama menolak terorisme apapun alasannya,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(wia)


Dirangkum dari berbagai sumber:
Republish: MEDIA24JAM.MY.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *