BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda

  • Whatsapp
BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda

Media24jam.my.id–Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, munculnya Siklon Tropis Seroja yang mengakibatkan bencana banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi bukti bahwa perubahan iklim global itu nyata adanya.

”Perubahan iklim global itu memang nyata, ditandai makin meningkatnya suhu baik di udara maupun di muka air laut,” ujar Dwikorita seperti dilansir dari Antara.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, fenomena itu jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun, sejak sepuluh tahun terakhir, kejadian siklon tropis semakin sering terjadi. Bahkan pada 2017, dalam satu pekan bisa terjadi dua kali siklon tropis.

”Hal ini menunjukkan memang dampak perubahan iklim global harus benar-benar segera kita antisipasi,” terang Dwikorita Karnawati.

Sementara itu, BMKG memperkirakan hujan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di wilayah Lesser Sunda yang meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Selain wilayah Lesser Sunda, berdasar pembaruan prakiraan cuaca BMKG pada Selasa (6/4) pukul 01.00 WIB, dampak Siklon Tropis Seroja berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang juga akan terjadi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *