Bantu Evakuasi Korban di NTT, Korps Marinir Kirim Pasukan Khusus

  • Whatsapp
Bantu Evakuasi Korban di NTT, Korps Marinir Kirim Pasukan Khusus

Media24jam.my.id – Korban tewas di NTT makin bertambah. Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan, total 138 orang ditemukan meninggal. Sebanyak 61 orang lainnya masih dalam pencarian.

Korban terbanyak masih di Kabupaten Flores Timur, yakni 67 orang meninggal dan 6 lainnya hilang. Di Kabupaten Alor 25 orang meninggal dan 20 masih hilang. Di Malaka 4 orang meninggal.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten Kupang 5 orang meninggal. Di Kabupaten Lembata 32 orang meninggal dan 35 orang hilang. Di Kabupaten Sabu Raijua 2 orang meninggal serta Kabupaten Ende dan Kota Kupang mencatatkan masing-masing 1 orang meninggal. Sementara jumlah pengungsi telah mencapai 13.226 orang.

Doni menjelaskan, sampai kemarin pun masih banyak kendala untuk mencapai titik-titik yang diterjang banjir bandang. Sebagian proses evakuasi jenazah masih dilakukan dengan cara manual. Sehingga evakuasi belum bisa efektif karena para korban tertimbun batu-batu besar yang tidak mungkin diangkat dengan cara manual.

”Masih kesulitan memobilisasi alat berat. Cuaca belum begitu bagus. Kapal yang mengangkut alat berat belum bisa berlayar,” bebernya.

Kemarin Korps Marinir TNI-AL memberangkatkan satuan tugas (satgas) kemanusiaan. Mereka bertolak dari Jakarta ke NTT melalui Lanud TNI-AU Halim Perdanakusuma. Menurut Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, total ada 22 pasukan khusus Korps Marinir yang tergabung dalam satgas tersebut. ”Untuk melaksanakan tugas kemanusiaan, penanggulangan bencana di NTT,” katanya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/mia/syn/c9/oni


Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *