44 Tahun Dikelola Yayasan Harapan Kita, TMII Kini Dikuasai Pemerintah

  • Whatsapp
44 Tahun Dikelola Yayasan Harapan Kita, TMII Kini Dikuasai Pemerintah

Media24jam.my.id – Pemerintah mengumumkan telah resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang selama 44 tahun dikelola Yayasan Harapan Kita yang dibentuk oleh Ibu Tien Soeharto. Pengambilalihan didasarkan oleh Perpres Nomor 19 Tahun 2021 Tentang TMII yang sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mensesneg Pratikno menjabarkan, Kemensetneg akan membentuk tim transisi untuk menangani proses transisi pengelolaan dari Yayasan Harapan Kita kepada pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg dan ini berarti berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita,” ujarnya secara virtual, Rabu (7/4).

Pratikno mengungkapkan, berdasarkan valuasi Kemensetneg dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada tahun 2018, TMII yang memiliki luas 146,7 hektare bernilai lebih sekitar Rp 20 triliun.

“Jadi mungkin harga pasar bisa jauh lebih dari itu untuk saat ini apalagi nanti pascapandemi,” ungkapnya.

Pratikno melanjutkan lebih jauh, dengan pengelolaan digenggaman pemerintah, diharapkan TMII dapat memberi manfaat optimal kepada masyarakat. Selain itu, dengan pengambil alihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pendapatan negara.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri


Dikutip dari berbagai Sumber:
Published for: MEDIA24JAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *