Yuk, Ketahui Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan!

  • Whatsapp

Taukah kamu, bahwa kita dapat mengenali mobil yang pernah mengalami kecelakaan? Ya, ada beberapa ciri yang dapat kita kenali mengenai mobil yang pernah mengalami kecelakaan. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan membeli mobil bekas.

Salah satu juan membeli mobil bekas adalah untuk menghemat anggaran. Namun sayangnya banyak sekali mobil bekas yang di jual karena pernah mengalami kecelakaan. Tentu hal ini akan berengaruh nantinya, dimana perawatn yang dilakukan juga harus extra. Sehingga, niat yang awalnya untuk mendapatkan mobil yang di impikan dengan harga yang miring gagal karena biaya perawatan yang tinggi.

Tidak hanya mengenai biaya perawatan, hal ini juga nantinya mengenai keselamatan. Ya,kenali ciri- cirinya tidak hanya dari bodi mobil namun juga mesin mobil. Sehingga, Anda tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena menjual mobil bekas kecelakaan.

Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan

Mobil bekas tabrakan yang beredar di pasar kendaraan second mungkin tak bisa dibedakan secara sekilas. Bodi yang tadinya hancur bisa saja diperbaiki dan dipoles lagi. Mesin yang rusak pun sama. Tidak bisa ditutupi, ternyata ciri-ciri mobil bekas tabrakan ini masih nampak jika ditilik dengan teliti.

Baca Juga: Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Jenis mobil yang dijual di pasar kendaraan bekas sangatlah beragam, begitu pula kondisinya. Keadaan mobil yang sudah pernah dipakai orang membuat Anda harus lebih cermat dalam memilih. Siapa tahu, mobil yang nampaknya baik-baik saja dulunya pernah terkena banjir ataupun tabrakan.

Berikut akan kami ulas mengenai ciri- ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan. Sehingga, Anda dapat menentukan mobil bekas secara tepat.

Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan
Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan (Sumber Gambar: Google)

Mengenalinya Lewat Bodi Mobil

Ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan dapat kita lihat dari bodi mobilnya. Namun, Anda harus jeli. Sebab, bisa saja bodi mobil yang pernah mengalami kecelakan sudah di perbaiki. Ada beberapa hal yang dapat digunakan sebagi ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan.

Pertama dari cat mobil tersebut. Telitilah dengan cermat mengenai warna cat mobil yang akan di beli. Di beberapa bagian body mobil yang sudah pernah mengalami kecelakaan biasanya memiliki warna yang berbeda. Bisa juga cat malah belang.

Ini adalah efek dari pengecatan ulang yang menggunakan dasar warna tak sama. Untuk itulah mengapa beberapa perusahaan membuat warna mobil produksinya dengan warna yang tak mudah ditiru meskipun itu di mix dengan beberapa warna.

Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan
Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan (Sumber Gambar: Google)

Ciri selanjutnya adalah bekas hantaman atau pukulan pada bodi mobil. Bodi mobil tentunya mendapat efek terburuk dari kejadian tabrakan. Bagian luar kendaraan bisa penyok, bahkan remuk akibat hantaman dengan benda keras. Setelah dipermak, kondisi eksterior mobil bekas tabrakan tidak dapat kembali 100%.

Anda pun juga harus cermat melihat di bagian dalam body mobil. Periksa apakah ada bekas pukulan atau hantaman palu di daerah tersebut. Jika ada, besar kemungkinan mobil tersebut pernah penyok dan dibawa di bengkel ketok magic. Terlebih lagi jika bekas pukulan itu berjumlah banyak. Anda patut waspada.

Salah satu ciri mobil bekas tabrakan dapat dilihat pada kondisi bodi yang tak sesuai pada bagian lekukan. Jika tabrakan cukup keras, maka akan ada panel bodi yang bergeser atau diganti. Kerap kali, bagian sambungan pada bodi mobil bekas tabrakan jadi tampak tidak rata atau celah antar panel nya tidak simetris.

Selain itu perhatikan juga bekas perbaikan seperti dempul yang tebal dan panel bodi yang sudah tidak orisinil. Salah satu tips untuk mengetahui mobil bekas tabrakan adalah mengecek sealer pada kap atau daun pintu masih orisinil atau tidak. Selain itu pastikan juga baut-baut masih bagus tidak pernah ada indikasi pernah dibuka.

Memperhatikan Kaca Mobil

Ciri- ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan dapat diamati melaui kaca mobil. Jika mobil pernah mengali kecelakaan, maka kemungkinan besar kaca mobillah yang menerima efek besar. Dimana hal terburuk adalah kaca pecah. Lakukan pengecekan pada kaca mobil bagian depan dan belakang.

Bila pemasangannya tampak tak presisi, itu bisa jadi salah satu ciri-ciri mobil bekas tabrakan. Selain itu, salah satu trik untuk mendeteksi kaca yang sudah diganti adalah dengan mengecek merk dan kode produksi pada kaca mobil, pastikan semua nya sama. Jika ada yang tidak sama, maka ada kemungkinan kaca tersebut pernah diganti.

Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan
Ciri- Ciri Mobil Yang Pernah Mengalami Kecelakaan (Sumber Gambar: Google)

Cara lain melihat ciri mobil pernah mengalami kecelakaan dari kaca mobil adalah adanya rembesan pada karet kaca mobil kemungkinan besar disebabkan oleh sebuah kecelakaan besar. Hal ini biasanya membuat adanya kebocoran yang disebabkan oleh perbaikan yang kurang baik. Bisa juga disebabkan penggunaan bahan yang berkualitas rendah dan harganya murah.

Tidak Nyaman Saat Di Kendarai

Ciri- ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan adalah terasa tidak nyaman saat dikendarai. Biasannya mobil yang pernah mengalmi kecelakaan tidak stabil saat dikendarai. Cobalah untuk memacu mobil hingga 60 kilometer per jam di jalan lurus. Bila terasa bergoyang dan tidak seimbang, ada kemungkinan bahwa mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Selain itu, cobalah Anda kendarai mobil tersebut di jalan rata atau lurus, kemudi akan menarik ke satu sisi, entah itu ke kiri atau ke kanan. Hal tersebut disebabkan oleh benturan keras yang pernah dialami oleh mobil tersebut sehingga jarak pijak roda depan dan belakang menjadi berubah.

Hal ini bisa terjadi karena tabrakan besar yang merusak struktur sasis, sumbu roda atau dudukan shockbreaker mobil. Tabrakan pada titik-titik ini pada umumnya mengganggu fungsi mobil sehingga mengakibatkan mobil tidak stabil saat dikendarai.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas Secara Tepat dan Tidak Menguras Kantog

Itulah ciri- ciri mobi yang pernah mengalmi kecelakaan. Butuh ketelitian dan kejelian sebelum Anda membeli mobil bekas. Lihat pula riwayat serivis mobil tersebut serta asuransi yang digunakan jika ada. Jika, masih ragu Anda dapat membawa teman atau orang yang ahli mengenai otomotif. Sehingga tidak hanya membantu Anda mengecek performa mesin mobil, namun juga dapat membantu ada untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalmi kecelakaan atau tidak.

Pos terkait