Bagaimana Anda Memilih Penyedia Cloud yang Tepat? – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Bagaimana Anda Memilih Penyedia Cloud yang Tepat?

Sudahkah Anda yakin akan keunggulan cloud? Migrasi yang berhasil dimulai dengan memilih penyedia cloud yang tepat.

Migrasi ke cloud adalah proses penting yang akan memetakan lini masa depan untuk organisasi Anda. Tak perlu dikatakan bahwa Anda harus mendekati proses ini dengan cara yang terstruktur dan sabar. Tapi bagaimana Anda memulai? Memilih penyedia cloud adalah salah satu langkah paling penting dalam prosesnya. Penyedia yang baik akan secara aktif memandu Anda melalui proses migrasi Anda sehingga peralihan ke cloud memberi Anda sakit kepala sesedikit mungkin.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penyedia cloud telah meledak karena pesatnya pertumbuhan industri cloud. Jadi penyedia mana yang harus Anda pilih sekarang? Kedengarannya menggoda untuk bekerja dengan nama-nama besar Amazon Web Services, Microsoft Azure atau Google Cloud Platform. Pembangkit tenaga listrik ini memiliki sejumlah besar solusi untuk komputasi awan, penyimpanan data, pencadangan, dan solusi AI. Namun, sebagai UKM kecil dengan pengetahuan dan sumber daya TI yang terbatas, Anda dapat dengan cepat merasa kewalahan dengan apa yang ditawarkan oleh para pemimpin pasar internasional.

 

Lihat sebelum Anda mulai

Pepatah kuno ini masih bijak dalam konteks migrasi cloud. Banyak organisasi membuat kesalahan dengan berinvestasi dalam inovasi tanpa rencana yang mendasarinya. Digitalisasi hanya akan membuahkan hasil dalam jangka panjang jika investasi Anda sesuai dengan kerangka strategis yang lebih luas. Jadi pertama-tama tentukan strategi cloud Anda. Rencana strategis ini harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Inventarisasi infrastruktur TI Anda saat ini: Sistem mana yang saat ini digunakan dan bagaimana pengetahuan TI dalam organisasi Anda? Sebelum Anda dapat membawa lingkungan TI Anda ke cloud, Anda harus terlebih dahulu menyelidiki secara menyeluruh sistem dan aplikasi mana yang masih cocok untuk cloud.
  • Penyimpanan data: Apakah Anda memiliki data yang sangat sensitif di server Anda, baik tentang operasi perusahaan Anda maupun informasi pribadi karyawan dan/atau pelanggan? Jangan percayakan data perusahaan Anda kepada penyedia pertama. Lagi pula, penyedia cloud AS tidak selalu memilih untuk menyimpan data Anda di Eropa dan bahkan jika mereka melakukannya, pemerintah AS dapat meminta akses ke database mereka. Informasikan diri Anda dengan baik tentang undang – undang privasi Eropa mengenai di mana dan bagaimana Anda harus menyimpan data Anda.
  • Tujuan: Cloud memiliki beberapa keunggulan, tetapi mana yang relevan bagi Anda? Apakah Anda berusaha untuk mengurangi biaya, meningkatkan keamanan digital Anda, atau meningkatkan skalabilitas situs web Anda? Tetapkan tujuan yang jelas.
  • Struktur: Ada berbagai cara untuk menyiapkan lingkungan cloud. Struktur cloud yang tepat akan sangat ditentukan oleh tujuan Anda, tetapi juga oleh sumber daya Anda. Apakah Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk bertanggung jawab atas pengelolaan cloud Anda sendiri? Kemudian Anda bisa pergi jauh dengan cloud yang tidak dikelola. Untuk organisasi dengan pengetahuan terbatas, cloud terkelola, di mana penyedia mengambil kendali, mungkin merupakan pilihan terbaik.
  • Anggaran: Pindah ke cloud adalah investasi yang diperlukan, tetapi signifikan bagi organisasi. Saat menyusun paket cloud ideal Anda, ingatlah anggaran target agar tidak berakhir dengan masalah keuangan yang besar.

Penyedia cloud yang tepat: bagaimana Anda memilih?

Sekarang Anda tahu ke mana Anda ingin pergi, Anda dapat mulai mencari penyedia cloud yang tepat berdasarkan rencana strategis Anda. Jika Anda tetap berpegang pada visi strategis Anda selama proses seleksi, Anda pasti akan berakhir dengan penyedia yang tepat. Tapi Anda mungkin sudah menemukannya saat Anda masih menyusun rencana strategis Anda. Lagi pula, penyedia yang baik juga akan memberi tahu Anda cara memotong simpul yang paling rumit. Ini tentu tidak harus menjadi cerita kronologis yang sempurna. Tetapkan kriteria seleksi yang ketat untuk setiap penyedia untuk menentukan kelayakan mereka. Anda dapat mengingat pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Di mana pusat data penyedia cloud (Eropa, AS, Cina, …)? Apakah penyedia mematuhi undang-undang GDPR?
  • Seberapa efisien server penyedia? Siapa yang menawarkan jaminan terbaik bahwa server saya akan tetap online?
  • Seberapa baik data saya diamankan?
  • Apakah penyedia membuat cadangan rutin dan apakah ada rencana pemulihan bencana?
  • Dapatkah saya menghubungi penyedia cloud saya 24/7 jika ada masalah?
  • Apa yang ditawarkan, layanan ekstra dan harga yang ditawarkan penyedia?
  • Kami akan mengujinya sendiri dan membuat perbandingan berdasarkan kriteria di atas antara pemain Belgia Combell (pemimpin pasar di Benelux) dan ‘tiga besar’ di pasar internasional AWS, Azure, dan Google Cloud. Kami membahas keuntungan dan kerugian utama dari empat penyedia cloud.
  Penyedia   Combell   AWS      Google Cloud
Keuntungan Pemimpin pasar di BeneluxPusat data di BeneluxDukungan 24/7 dan bimbingan pribadi Lebih fokus lokal daripada pemain internasional Pemimpin pasar globalRangkaian solusi terluas di pasarFokus perusahaan yang kuat Pemain kedua di pasarIntegrasi ke dalam ekosistem MS 365 Spesialisasi dalam cloud hybrid Fokus perusahaan Awan asli; berasal dari open sourceKontrak fleksibelFokus pada perusahaan besar dan kecil
Kontra Kurang fokus pada konsumsi variabel Dibutuhkan integrator Kurang fokus pada konsumsi variabel Keahlian harus ada dalam organisasi Sedikit pengalaman dengan penawaran IaaS Limited

Kepercayaan itu penting

Anda sudah dapat menyimpulkan dari tabel perbandingan bahwa AWS, Azure, dan Google Cloud tidak akan menjadi penyedia yang paling cocok untuk setiap organisasi, terlepas dari nama dan ketenaran internasional mereka. 

Mereka sangat mampu melayani perusahaan multinasional global atau perusahaan rintisan yang cerdas secara teknis di dunia ini, tetapi untuk UKM rata-rata, bekerja dengan pemain lokal seperti Combell terdengar seperti opsi yang disarankan. Penyedia lokal menawarkan layanan yang dibuat khusus untuk organisasi yang lebih kecil dengan pengetahuan dan sumber daya TI yang lebih sedikit yang tidak akan mudah Anda temukan dengan pemain utama. 

Mereka lebih bersedia untuk berpikir bersama Anda saat merancang strategi Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat infrastruktur cloud yang disesuaikan dengan tujuan dan anggaran bisnis Anda. Tetapi bahkan setelah migrasi, penyedia yang baik harus tersedia siang dan malam untuk membebaskan Anda sebanyak mungkin dalam mengelola cloud dan untuk campur tangan jika terjadi masalah. Saran terbaik yang kami berikan kepada Anda adalah hanya membuat kontrak dengan penyedia yang Anda percayai seratus persen.

Percayakan kunci lingkungan TI Anda hanya kepada penyedia yang Anda percayai.

Sudahkah Anda memilih penyedia yang tepat? Maka saatnya untuk pergi ke papan gambar dan menyusun desain untuk lingkungan cloud Anda. Desain terdiri dari tiga komponen penting:

  1. Desain teknis yang menempatkan semua detail teknis (struktur, keamanan, manajemen, …) di atas kertas.
  2. Desain organisasi yang memperhitungkan perubahan organisasi yang terkait dengan migrasi cloud.
  3. Rencana darurat jika migrasi tidak berjalan sesuai rencana.

Setelah ini selesai, penyedia cloud Anda akan memulai migrasi data dan aplikasi Anda. Pengguna platform digital Anda, baik pelanggan maupun karyawan, harus merasakan dampak sekecil mungkin dari pekerjaan di belakang layar. Ini adalah tanggung jawab penyedia cloud. Namun, Anda bertanggung jawab untuk menyediakan pelatihan yang memadai bagi staf Anda untuk belajar bekerja secara efisien dengan lingkungan TI yang baru ini. Dengan cara ini, semua orang di dalam dan di luar organisasi Anda akan dapat memanfaatkan sepenuhnya manfaat cloud.

Pos terkait