7 Menu Sarapan Sehat Atlet Olimpiade Dunia, Naomi Osaka Hobi Makan Sandwich! – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: 7 Menu Sarapan Sehat Atlet Olimpiade Dunia, Naomi Osaka Hobi Makan Sandwich!

Ilustrasi Olimpiade. Foto: Shutterstock
Faktor pendukung performa atlet olimpiade bukan hanya sebatas kemampuan atau skill. Di balik itu semua, dibutuhkan gaya hidup sehat guna menjaga stamina mereka saat bertanding. Tidak jarang, banyak atlet yang badannya cukup proporsional karena pola makan serta gaya hidup sehat.

Mengutip Eat This, para atlet biasanya diminta untuk mengonsumsi asupan lemak, protein, dan karbohidrat yang seimbang. Mereka juga harus konsisten menerapkan pola makan ini terlebih mendekati musim pertandingan.

Bacaan Lainnya

Jenis makanan seperti itu dinilai mampu membantu pemulihan otot para atlet. Mengingat fisik mereka harus selalu kuat, sehingga dibutuhkan jumlah asupan yang sehat dan juga membantu meringankan kerja otot.

Nah, kalau kamu penasaran, makanan atau sarapan apa saja yang biasanya mereka konsumsi? Berikut, kumparan telah merangkum beberapa menunya, siapa tahu bisa kamu ikuti juga.

1. Usain Bolt, sandwich telur

Usain Bolt di Kejuaraan Dunia 2017. Foto: Reuters/Phil Noble

Dilabeli pelari tercepat di dunia, Usain Bolt kerap membuat jutaan orang kagum karena kemampuannya. Performa kuat tersebut ia dapatkan dari pola makannya sehari-hari. Bolt bercerita, tiap kali musim pertandingan tiba, ia akan memulai harinya dengan sarapan sandwich telur.

Menu ini membantu mendorong energi baik dalam tubuh Bolt. “Saya merupakan orang yang hobi makan. Sebelum tidur, saya biasanya sering mengonsumsi apa pun makanan yang saya inginkan. Tapi, pelatih meminta saya untuk perbanyak makan nutrisi dan sayur juga,” jelasnya.

2. Naomi Osaka, smoothie dan sandwich alpukat salmon

Naomi Osaka, pembawa obor Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Lucy Nicholson/Reuters
Juara bertahan US & Australia Open, Naomi Osaka memiliki kebiasaan makan yang sangat sehat. Menjadi petenis ternama di dunia, bikin orang-orang cukup penasaran asupan apa yang ia konsumsi guna mempertahankan staminanya itu?

Ternyata, di pagi hari ia tak pernah melewatkan segelas smoothie dan seporsi sandwich. “Ketika bangun tidur, pelatih saya langsung menyodorkan smoothie segar. Campurannya terdiri dari kale, air kelapa, bayam, serta kiwi. Saya kerap meminumanya sambil makan roti gandum isi salmon dan alpukat,” ujar Naomi, dikutip dari PureWow.

3. Ryan Murphy, omelet telur

Perenang Amerika Serikat, Ryan Murphy di Olimpiade 2020. Foto: REUTERS/Albert Gea
Men’s Health melansir, Ryan Murphy gemar makan pisang serta seporsi omelet telur. Atlet renang peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 ini menyukai menu sarapan sederhana tapi mampu memberinya banyak energi. Salah satunya omelet telur yang dicampur bayam, jamur, bawang, serta beberapa potongan salmon sebagai pelengkap.

4. Katie Ledecky, setangkup sandwich selai kacang

roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock

Usai berhasil mengalungkan dua medali emas di Olimpiade 2020, rahasia makan ala Katie Ledecky pun terungkap. Ia tak sungkan bercerita kalau ternyata makanan yang dikonsumsinya cukup sederhana.

“Sebelum melakukan latihan renang, saya selalu mengusahakan mengisi perut dengan granolar bar. Bila ingin lebih berat lagi, saya memilih sandwich selai kacang lalu ditutup dengan buah pisang,” pungkas Ledecky.

5. Simon Biles, oatmeal buah

Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock

Dalam kesehariannya, Simon Biles diketahui menerapkan pola makan intuitif. Ia tidak membatasi asupan kalori, ia hanya makan sesuai intuisi dan apa yang menurutnya enak.

“Saya makan dengan porsi cukup, tidak terlalu berlebih dan mengikuti intuisi. Ini karena kegiatan sehari-hari saya lebih banyak di gimnastic,” kata Biles, dikutip dari Women’s Health.

Dia tidak terlalu mempermasalahkan jenis asupannya. Namun, sebisa mungkin asupan yang diterimanya cukup bergizi dan bernutrisi. Sementara itu, untuk sarapan supaya menambah staminanya, Biles gemar makan semangkuk oatmeal dengan tambahan buah.

Ilustrasi taco Foto: Dok.Shutterstock
Cukup berbeda dari para atlet sebelumnya, Gwen Jorgensen pelari asal Amerika, memilih sarapan yang sedikit unik. Sebelum latihan, Jorgensen sering menyajikan seporsi taco untuk sarapan keluarga.

Taco yang dibuat cukup sederhana. Hanya berisi telur, kentang, paprika, keju, sedikit alpukat, serta perasan jeruk nipis. Ini merupakan salah satu makanan yang paling dinikmati seumur hidupnya.

7. Caeleb Dressel, tinggi karbohidrat

Caeleb Dressel atlet renang AS di Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Odd Andersen/AFP

Layaknya Ryan Murphy, perenang asal Florida, Amerika yakni Caleb Dressel juga sering jadi langganan peraih medali emas. Untuk memperoleh medali itu, tentu bukan suatu hal yang mudah. Dibutuhkan latihan yang intens dan pastinya asupan bergizi yang mendorong stamina.

Dressel berbagi makanan apa yang sering ia konsumsi. Laki-laki berusia 24 tahun ini mengaku tak pernah melewatkan makanan tinggi karbohidrat.

“Saya memang tidak makan banyak sebelum latihan. Tapi, saya sering makan bagel, roti panggang, serta oatmeal. Apa pun itu yang penting punya kandungan karbohidrat yang tinggi.” tutup Dressel.

Reporter: Balqis Tsabita Azkiya

Pos terkait