Jumlah Dividen Saham Google Per Tahun, Alphabet Mencetak Laba Hingga Rp 800 Triliun Pada Kuartal I-2021

  • Whatsapp
Bacalagers Media

MEDIA 24 JAM: Jumlah Dividen Saham Google Per Tahun, Alphabet Mencetak Laba Hingga Rp 800 Triliun Pada Kuartal I-2021 –

Keuntungan berinvestasi saham Google tidak akan mengecewakan di tengah pesatnya pertumbuhan digital. Banyak investor tergiur dengan menerka jumlah dividen saham Google per tahunnya.

Tentunya nominal yang dijanjikan Google cukup besar. Selama kurun waktu dua dekade, ada banyak prestasi yang dilahirkan anak perusahaan Alphabet Inc Class A ini.

Berbagai peningkatan mewarnai perjalanan Google hingga berhasil memasuki grup saham blue chip dan merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang paling stabil keuangannya.

Baca juga: Harga 1 Lot Saham Google, Diperkirakan Naik Hingga Akhir Tahun 2021

Hal tersebut tentu lebih dari cukup untuk dijadikan sebagai alasan berinvestasi di Google. Untuk menjawab rasa penasaran para calon investor saham yang ingin berinvestasi saham GOOGL, berikut jumlah keuntungan saham Google dalam setahun.

Jumlah Dividen Saham Google per Tahun

Membeberkan dividen memang dapat menarik investor saham GOOGL secara cepat. Namun, Google memiliki cara pandang lain yang lebih visioner dibandingkan membagikan dividennya.

Meski ratusan milyar dollar sudah tercapai, anak perusahaan Alphabet Inc ini belum ada niatan untuk menerbitkan dividennya kembali kepada publik.

Baca juga: Kode dan Harga Saham Google Per Lembar Terbaru

Beberapa waktu mendatang, pendapatannya akan terus dialihkan untuk ketahanan dan keuntungan besar jangka panjang. Keputusan tepat tersebut diambil selama fase pertumbuhan Google.

Walaupun begitu, pergerakan sahamnya selalu naik dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu satu dekade, imbal hasilnya bisa mencapai lebih dari 300%.

Menariknya, jumlah tersebut masih bisa bertambah hingga berkali-kali lipat jika investor menginvestasikan sahamnya sejak IPO (Initial Public Offering) di tahun 2004. Berikut informasi stock split Alphabet Inc Class A sampai tahun 2018:

  • Harga saham pada periode IPO di tahun 2004 sebesar US$50,22 dengan imbal hasil 2270,01%
  • Pada tahun 2009 (10 tahun), harganya mencapai US$257,34 dengan imbal hasil 362,47%
    Harga saham naik kembali menjadi US$583,74 dalam kurun waktu 5 tahun kemudian dengan imbal hasil 103,88%
  • Tahun 2018 terakhir mencapai US$1.044,96 dengan imbal hasil 13,89%

Baca juga: 5 Cara Buka Rekening Saham Untuk Mahasiswa, Mudah Banget!

Hasil Pertumbuhan Google (Alphabet Inc)

Google LLC memang tidak membagikan dividen saham kepada para pemegang sahamnya. Namun, harga saham yang tinggi dan pertumbuhan pesat perusahaan yang menjadikan investasi ini masih diminati.

Hal penting yang bisa diperhatikan untuk mengevaluasi kinerja dan memprediksi harga saham Google, yaitu dari laporan tahunannya.

Tercatat bahwa pendapatannya naik hingga 13% di tahun 2020 menjadi sejumlah US$182,5 milyar dollar Amerika.

Pada kuartal I tahun 2021, Alphabet Inc mencetak pendapatan mencapai 55,3 dollar AS atau setara dengan Rp 801,85 triliun (kurs Rp 14.500), yang artinya mengalami pertumbuhan 34% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Dilansir dari CNBC, secara keseluruhan Alphabet Inc mencatat, nilai dari ekuitas sekuritas tertentu tumbuh 4,84 miliar dollar AS pada kuartal I tahun 2021, dengan catatan kerugian sebesar 86 juta dollar AS. Dengan demikian, masih tercatat pendapatan bersih mencapai 4,75 miliar dollar AS.

Meski demikian, Alphabet Inc tidak menjelaskan secara detail laporan pendapatan hasil investasi dari masing-masing perusahaan. Pihak mereka hanya menuturkan, angka tersebut mencakup kerugian dan keuntungan yang sudah dan belum direalisasikan pada investasi ekuitas yang mereka miliki.

Keuntungan dari investasi ekuitas tersebut tercatat di bagian pendapatan dan beban lain-lain dalam laporan keuangan perusahaan.

Demikian sedikit wawasan untuk anda dari kami ini dengan judul Jumlah Dividen Saham Google Per Tahun, Alphabet Mencetak Laba Hingga Rp 800 Triliun Pada Kuartal I-2021 semoga bermanfaat untuk anda semua pembaca setia MEDIA 24 JAM.

Pos terkait