1.433 Warga Binaan di Rutan Depok Jalani Vaksinasi di RS Bhayangkara Brimob – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: 1.433 Warga Binaan di Rutan Depok Jalani Vaksinasi di RS Bhayangkara Brimob

1.433 Warga Binaan di Rutan Depok Jalani Vaksinasi di RS Bhayangkara Brimob
Suasana vaksinasi warga binaan Lapas I Depok di RS Bhayangkara Brimob, Rabu (4/8). Foto: Dok. Istimewa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Dankorbrimob Irjen Anang Revandoko telah memerintahkan kepada seluruh RS Bhayangkara Brimob Polri ikut membantu mempercepat program vaksinasi kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menyikapi arahan itu, pada Rabu (4/8), RS Bhayangkara Brimob Polri di Depok menggelar vaksinasi massal. Kasubbid Jangmedum RS Bhayangkara Brimob, Kompol Saumadin mengatakan total ada 1.433 orang divaksin hari ini.

Mereka yang divaksin merupakan warga binaan di rumah tahanan Kelas 1 Cilodong. Sementara vaksinasi ini menggunakan vaksin AstraZeneca.

“Berdasarkan surat dari Kapolri, RS di bawah kepolisian harus mengakomodasi warga yang belum memiliki NIK untuk divaksin COVID-19. Dan kami lihat di Rutan Kelas 1 Depok ini hampir setengahnya tidak memiliki NIK,” kata Saumadin dalam keterangannya.

1.433 Warga Binaan di Rutan Depok Jalani Vaksinasi di RS Bhayangkara Brimob (1)
Suasana vaksinasi warga binaan Lapas I Depok di RS Bhayangkara Brimob, Rabu (4/8). Foto: Dok. Istimewa

Saumadin menuturkan, diharapkan herd immunity dapat sefera tercapai dengan kegiatan vaksinasi massal ini. Ia menambahkan, RS Bhayangkara Brimob juga akan bekerja sama dengan pihak lain jika ingin melaksanakan vaksinasi massal.

“Kami berharap semoga herd immunity bisa cepat tercapai. Kemudian, kondisi seperti ini bisa akan semakin membaik,” ucap dia.

Sementara Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas 1 Depok, Muhammad Irvan Muayat, mengatakan total warga binaan di Rutan Kelas 1 Depok ini berjumlah 1.433 orang. Mereka terdiri dari 1.411 pria dan 22 wanita.

1.433 Warga Binaan di Rutan Depok Jalani Vaksinasi di RS Bhayangkara Brimob (2)
Suasana vaksinasi warga binaan Lapas I Depok di RS Bhayangkara Brimob, Rabu (4/8). Foto: Dok. Istimewa

Selain itu, seluruh warga binaan hingga saat ini belum diperbolehkan bertemu dengan keluarga. Sebab, potensi penularan di Lapas sangat tinggi jika ada warga binaan terinfeksi COVID-19. Terlebih para warga binaan belum divaksin.

“Dengan vaksinasi ini, kami berharap Pandemi COVID-19 bisa segera selesai dan para warga binaan dapat kembali dikunjungi oleh keluarga. Vaksin kedua akan dilaksanakan 29 September 2021,” kata Irvan.

Sedangkan Kepala P2P Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati, mengatakan, Rutan Kelas 1 Cilodong merupakan rutan terbesar di Kota Depok. Sehingga vaksinasi kepada para warga binaan harus segera dilakukan.

“Di Depok, pelaksanaan vaksinasi akan kita kebut dengan bantuan dari beberapa pihak, termasuk Korps Brimob Polri,” ucap Umi.

Pos terkait