Menko PMK Temukan Warga tak Dapat Bantuan saat Sidak di Sukabumi – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Menko PMK Temukan Warga tak Dapat Bantuan saat Sidak di Sukabumi

MEDIA24JAM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendatangi pemukiman warga di Sukamantri, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan itu, Menteri Muhadjir menemukan masih ada beberapa warga yang belum terjangkau bantuan. Ia kemudian mengingatkan pesan Presiden RI Joko Widodo soal tidak boleh ada warga yang terabaikan soal bantuan.

“Bantuan dari pemerintah itu cukup banyak, berlapis, bahkan baik itu yg reguler yakni PKH. Bantuan pangan non tunai atau BPNT, kemudian ada bantuan selama COVID yaitu BST dan beras bulog plus BLT dana desa. Saya lihat tadi masih ada beberapa orang yang saya lihat layak untuk mendapatkan namun belum tercover. Sesuai dengan pesan presiden pokoknya tidak boleh ada warga yang membutuhkan sampai tidak mendapatkan bantuan,” kata Muhadjir kepada awak media, Selasa (3/8/2021).

Menurut Muhadjir ada banyak dan ragam bantuan yang saat ini terus digenjot untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya dari pemerintah pusat, tapi juga dari pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

“Sudah kita tetapkan kalau dia terjangkau bantuan Kemensos bisa dari dana desa, untuk kelurahan itu dana ada di APBD. Kalau memang belum bisa juga bupati dan walikota bisa menyiapkan bantuan dari refocusing,” ujarnya.

Muhadjir terlihat didampingi Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, terlihat juga Kapolres Sukabumi AKBP Sumarni. Ia juga menegaskan sesuai amanat presiden agar seluruh pihak mulai dari tingkat desa untuk memastikan warganya yang memang membutuhkan untuk mendapatkan bantuan.

“Karena itu pada pertemuan ini saya pesan kepada seluruh perangkat desa agar betul-betul melihat wargamya jangan sampai ada yang kelewatan. Tadi saya lihat misalnya ada yang lumpuh tapi enggak kebagian. Tadi saya sudah ingatkan untuk segera dieksekusj segera diberi,” ungkap Muhadjir.

“Jadi berlapis lapis, ada PKH ada BPNT atau Sembako, kalau tidak dapat bisa melalui BST, kalau belum dapat juga kades wajib untuk memberikan melalui BLT Dana Desa. Belum lagi Polri turun belum lagi pemerintah kabupaten kota, juga turun, tadi saya mendengar pak wabup sudah menggelontrokan bantuan juga. Belum dari propinsi,” tandasnya.

Muhadjir juga sempat melihat warga yang isolasi mandiri di sebuah rumah warga, setelah itu ia dan rombongan kembali bergerak menuju ke Gudang Bulog Sukabumi di Kecamatan Sukaraja.

Reporter: Azis Ramdhani | Redaktur: Mohammad Noor

Pos terkait