[Cek Fakta] PT Pos Bagikan Smartphone – MEDIA24JAM

  • Whatsapp
blank

MEDIA 24 JAM: [Cek Fakta] PT Pos Bagikan Smartphone

MEDIA24JAM – Beredar sebuah informasi dia media sosial yang mengatakan jika PT Pos Indonesia membagikan Smartphone dari iPhone hingga Samsung.

Informasi tersebut tidak hanya sebuah foto tetapi juga dengan narasi seperti berikut:

Kepada pelanggan Pos Indonesia:

Selamat! Anda salah satu dari 100 pengguna yang terpiliah sebagai bagian program loyalty kami. Anda dapat memenangkan Samsung Galaxy S21, Apple iPhone 11, atau Huawei P30 gratis.

Anda hanya cukup menjawab 8 pertanyaan berikut untuk berpartisipasi.

Kemudian dalam informasi tersebut penerima pesan digiring untuk menekan menu ‘Ok’ kemudian berlanjut pada halaman berikutnya berupa lembar pengisian data.

Berdasarkan penelusuran, melalui artikel berjudul “Waspada, Pesan Berantai Janjikan Hadiah dari PT Pos Indonesia” yang dimuat liputan6.com, pada 31 Juli 2021.

Artikel itu menyatakan bahwa Pos Indonesia meminta masyarakat mewaspadai pesan berantai yang menjanjikan sejumlah hadiah dari PT Pos Indonesia. Mereka menegaskan tidak sedang membuat program seperti itu.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat iming-iming untuk mendapatkan hadiah menarik seperti smartphone. Namun masyarakat diminta mengisi dahulu sejumlah pertanyaan dalam tautan yang disertakan.

Dalam postingan di akun Instagram resmi, @posindonesia.ig pada 28 Juli 2021, PT Pos Indonesia menjelaskan hal tersebut.

“Sahabat, kalau kamu ada yang dapet info tentang ‘Pos Indonesia bagi-bagi hadiah HP dll’ kaya di atas, hati-hati ya karena itu berita HOAX! Selalu cek dan ricek dulu, supaya kamu enggak jadi korban penipuan phishing”.

Maka dapat disimpulkan jika, informasi tersebut adalah hoaks. Faktanya, informasi tersebut telah dibantah PT Pos Indonesia dan modus pencurian data.

KBRN

Pos terkait