Bosan Kuliah Daring? Begini Cara Biar Belajar Kamu Lebih Efektif – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Bosan Kuliah Daring? Begini Cara Biar Belajar Kamu Lebih Efektif

Ilustrasi kuliah daring. Foto: Getty Images
Bosan dengan kuliah daring yang setiap hari harus belajar secara tatap muka virtual melalui zoom? Dengan memanfaatkan teknologi dan internet, kini mahasiswa diimbau untuk tetap kuliah daring di rumah agar meminimalisir penyebaran COVID-19.

Meskipun banyak kelebihan dari kuliah daring seperti tidak perlu mengeluarkan untuk uang jajan. Namun, ada juga beberapa kendala yang harus dihadapi selama kuliah daring, misalnya, ada masalah teknis sinyal atau jaringan data atau bosan.

Bacaan Lainnya

Untuk membuat belajarmu tetap efektif meskipun kuliah daring, berikut 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk memotivasi dan membuat belajarmu lebih efektif.

1. Buat Suasana Kuliahmu dengan Baik

Ilustrasi kuliah daring. Foto: Getty Images

Tips yang pertama adalah membuat suasana kuliahmu menjadi semangat dan baik. Cari tahu tingkat kenyamanan belajarmu seperti, kamu akan semangat jika sambil nyemil atau menjauhkan diri dari gadget.

Setelah kamu mengatur suasana mood belajarmu, otomatis kuliah daringmu menjadi lebih semangat dan efektif.

2. Bentuk Ruang Belajar yang Nyaman

Ilustrasi ruang kuliah daring. Foto: Getty Images

Untuk menciptakan mood belajar yang baik, membentuk ruangan belajar menjadi poin yang tidak boleh dilupakan.

Jika ruang belajarmu nyaman, sejuk dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, hal ini juga memengaruhi suasana mood belajar kamu selama kuliah daring lho.

3. Aktif saat Belajar atau Berdiskusi

Ilustrasi kuliah daring. Foto: Getty Images
Saat kuliah daring berlangsung, sebagai mahasiswa disarankan agar sebaiknya kamu aktif saat terjadi diskusi. Karena hal ini bisa membantumu untuk mengetahui materi yang belum paham dan menjadi nilai plus di mata dosen kamu lho.

4. Pastikan Jaringan Lancar

Ilustrasi kuliah daring. Foto: Getty Images

Tips ini juga tak kalah penting lho. Jaringan data yang lancar bisa membuat kuliah daringmu lancar tanpa hambatan. Namun, jika sebaliknya

5. Jangan Menunda Tugas Mepet Deadline

Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: Getty Images
Hindari menunda-nunda mengerjakan tugas dari dosen supaya kamu nggak kewalahan. Jika kamu sudah kewalahan, biasanya hal inilah yang membuatmu malas saat belajar kuliah daring karena ada tugas yang tertinggal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat list tugas mana yang kamu prioritaskan untuk dikerjakan terlebih dahulu sehingga kamu bisa menyicilnya. Jangan sampai kamu mengerjakan dengan sistem kebut semalam (SKS) ya. (via)

Pos terkait