Harga Vaksin Pfizer dan Moderna Naik – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Harga Vaksin Pfizer dan Moderna Naik

Harga Vaksin Pfizer dan Moderna Naik
Vaksin Pfizer dan Moderna. Foto: Dado Ruvic/REUTERS

Dua perusahaan pembuat vaksin COVID-19 yakni Pfizer dan Moderna memutuskan menaikkan harga vaksin mereka. Kenaikan harga ini terungkap dalam kontrak pembelian dengan Uni Eropa.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Reuters, Senin (2/8), kini, harga satu dosis vaksin Pfizer naik menjadi 19,50 euro atau sekitar Rp 335.685. Sebelumnya, harganya adalah 15,50 euro.

Sedangkan harga vaksin Moderna kini menjadi 25,50 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 368.212. Sebelumnya, harga satu dosis vaksin Moderna sekitar 19 euro.

Vaksin Pfizer merupakan produksi kerja sama antara BioNTech dengan perusahaan farmasi AS, Pfizer. Sedangkan Moderna diproduksi oleh perusahaan farmasi AS yakni Moderna.

Hingga saat ini, baik dari Pfizer dan Moderna belum memberikan penjelasan terkait keputusan menaikkan harga vaksin COVID-19. Termasuk apakah kenaikan harga ini hanya di Uni Eropa saja atau juga berlaku di seluruh dunia.

Harga Vaksin Pfizer dan Moderna Naik (1)
Vaksinasi di Jerman. Foto: Alessia Cocca/Reuters

Sementara Uni Eropa kini terus memburu pasokan vaksin demi mempercepat program vaksinasi. Mereka menargetkan 70 persen dari populasi sudah menerima vaksin COVID-19 pada akhir musim panas.

Bahkan sejak Mei Uni Eropa sudah menargetkan menerima satu miliar dosis vaksin COVID-19 pada akhir September. Vaksin itu berasal dari dari empat perusahaan pembuat vaksin.

Pos terkait