Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau

  • Whatsapp

Saat ini mobil listrik mulai dilir banyak kalangan. Salah satu mobil listrik yang memiliki banyak peminat adalah mobil Tesla model 3. Ya, mobil ini juga terkenal sebagai mobil listrik semua kalangan. Sehingga, Anda akan mudah mencari review mobil Tesla model 3 ini.

Hal ini sesuai dengan keinginan Tesla. Sehingga maklum saja jika Tesla model 3 berbeda dengan pendahulunya, Tesla model 3 yang debut perdananya diselenggarakan pada Maret 2016 lalu di Amerika Serikat, menyasar segmen kelas menengah.

Tesla Model 3 mulai dijual di Indonesia pada 2019 lalu melalui importir umum, Prestige Motorcars. Hal ini menjadikan Tesla Model 3 sebagai kendaraan ramah lingkungan ketiga yang dibawa setelah Model S dan X.

Mobil listrik semua kalangan yang satu ini dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Fitur yang dimiliki juga tidak kalah dengan pendahulunnya. Hadir di Indonesia, tentu Tesla Model 3 menawarkan berbagai keunggulan.

Salah satunya adalah biaya operasional. Mobil listrik ini bahkan bisa terisi full tidak sampai seratus ribu rupiah walau biaya listrik tergantung wilayah.

Tanpa basi-basi, mari kita bahas mengenai review mobil Tesla model 3.

Review Mobil Tesla Model 3: Exterior

Pertama kita akan bahas mengenai review mobil Tesla model 3 bagian ekspteriror. Kira- kira apa keunggulan exterior dari mobil yang satu ini?

Tesla model 3 memiliki panjang 4.694 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.443 mm. Sedangkan jarak sumbu roda 2.875 mm dan wheelbase 2.880 mm. Tesla mendesain mobil yang satu ini dengan menghadirkan kesan aerodinamika dan elegan. Mobil ini tampil polos untuk bagian depannnya, tanpa adanya ventilasi udara.

Pada bagian kabib, kursi baris kedua cenderung sempit. Headlight sudah mengadopsi LED dibekali Auto-Dimming High Beams yang akan menyala secara otomatis ketika suasana di depan terlihat begitu gelap.

Bukan cuma itu, headlightnya juga dibekali Auto-Dimming High Beams yang akan menyala secara otomatis ketika suasana di depan terlihat begitu gelap. Selain itu, bisa dilihat bumper depan yang terkesan sporty serta grille berdesain elegan khas Tesla yang memperkuat kesan mewah.

Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau
Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau (Sumber Gambar: Google)

Model 3 ini juga dilengkapai dengan sensor yang berfungsi untuk tap kartu akses Tesla Model 3, serta ada kamera kecil yang digunakan untuk fitur keamanan mobil karena memiliki kemampuan merekam. Velgnya menggunakan ring 18 inci Aero Wheels, serta pada area dekat lampu belakang terdapat port charger yang bisa dibuka lewat aplikasi atau fitur di dalam mobil, serta melalui sentuhan pada panel penutup port charger tersebut.

Sedangkan untuk bagian belakang mobil ini, terdapat rear combination stop lamp berdesain futuristik yang mengusung teknologi LED. Hiasan berupa reflektor pada bagian bemper belakang yang akhirnya membuat kesan sporty.

Baca Juga: Tips & Trik: Dashboard Mobil Tetap Bersih Selama Tidak Digunakan

Review Mobil Tesla Model 3: Interior

Review mobil Tesla model 3 yang selanjutnya adalah mengenai bagian interior. Pada bagian interiornya, Tesla Model 3 tapil minimalis dan tampaknya memang disengaja. Tak banyak tombol di area dashboard, semua fungsi difokuskan ke monitor besar yang berada di tengah. Pasalnya berbagai pengaturan diatur melalui layar monitor tersebut.

Sedangkan fitur penopangnya, mobil listrik ini dilengkapi dengan navigasi, Bluetooth dan konektivitas USBPada model 3 ini, Tesla mengganti beberapa komponen hiburan dengan menggunakan radio streaming, Netflix, Youtube, dan sejumlah game petualangan di layar monitor.

Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau
Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau (Sumber Gambar: Google)

Sedangkan untuk setir, mobil ini dilengkapi dengan setir berbahan kulit dengan dua tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk mengatur beragam program di sistem infotainment. Menariknya untuk pengaturan setir baik itu maju-mundur atau naik-turun dilakukan di secara elektris dan bisa di simpan dalam database profil pengemudi.

Sedangkan untuk informasi seputar kecepatan mobil dan hal teknis akan tersaji dalam instrument cluster berbentuk digital. Sementara itu, untuk fitur keselamatan standarnya sendiri ditunjang dengan automated emergency braking, lane-departure warning, dan adaptive cruise control.

Baca Juga: Mengenal 7 Komponen Alternator dan Fungsinya

Review Mobil Tesla Model 3: Mesin & Performa

Selanjutnya adalah review mobil Tesla model 3 mengenai mesin dan juga performanya. Tesla model 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 400 kWh, yang mampu bertahan selama setahun setiap menempuh perjalanan kurang lebih dari 1600 Km, membuat Tesla model 3 ini mampu menempuh perjalanan sejauh 346 kilometer dalam sekali pengisian baterai.

Suplai daya dari baterai tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem Rear Wheel Drive. Bukan itu saja, Tesla model 3 mampu berakselerasi hanya dalam waktu di bawah 6 detik untuk mencapai titik dari 0 – 90 kilometer.

Terdapat beberapa versi performa dari Tesla model 3, yang berhubungan dengan kapasitas baterai dan motor elektrik yang digunakan. Yaitu versi Standard Range Plus, versi Long Range, dan versi performance.

Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau
Review Mobil Tesla Model 3: Mobil Listrik Terjangkau (Sumber Gambar: Google)

Itulah review mengenai mobil Tesla model 3. Saat ini untuk harga Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus $38.690 atau Rp551 juta, Long Range $47.690 atau Rp679 juta, dan Performance $57.190 atau Rp815 juta.

Sedangkan untuk biaya charging di tiap kawasan berbeda-beda, (kisarannya) Rp70.000-Rp100.000 sudah bisa menempuh 400 km. Kalau dibandingkan mobil premium lainnya, jauh (hanya) seperempatnya

Meskipun disebut mobil semua kalangan, namun banyak juga yang masih mempertanyakan apakh mobil ini layak digunakan di Indonesia. Mengingat, pengisian daya litrik belum tersedia disemua titik. Apakh mobil Tesla model 3 bisa digunakan di Indonesia?

Baca Juga: 3 Tips Merawat Jok Motor Agar Awet dan Tidak Kusam

Mungkin, apabila mobil Tesla hanya Anda gunakan untuk mobilitas dalam kota, rasanya Tesla Model 3 sudah sangat cukup untuk menggambarkan status Anda sebagai penikmat mobil ramah lingkungan. Apalagi baru di Jakarta saja tersedia tempat pengisian baterai mobil listrik, dan di kota-kota lain belum tersedia dengan banyak.

Mungkin jika pemerintah semakin serius menjalankan trend mobil listrik, serta memberikan insentif pengurangan pajak kendaraan listrik, bisa jadi di masa depan mobil ini akan jadi raja jalanan yang cinta lingkungan.

Jadi, semoga saja pemerintah semakin mendukung mobil ramah lingkungan. Salahs atunya dengan menyediakan tempat pengisan beterai dan juga keringanan pajak.

Pos terkait