Bagaimana peternak koi mengungkap dugaan penipuan isi ulang tangki oksigen di Indonesia | MEDIA24JAM

  • Whatsapp

Komunitas peternak dan penjual koi di Indonesia mungkin telah menyelamatkan pasien COVID-19 yang sangat membutuhkan oksigen murni dari menghirup udara biasa, dengan pihak berwenang menyelidiki dugaan penipuan pengisian ulang tangki oksigen.

Para peternak, yang berasal dari Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur, turun ke media sosial untuk menceritakan bagaimana mereka baru-baru ini ditipu saat mengisi ulang tangki oksigen mereka. Komunitas, yang secara teratur mengirimkan koi dalam kantong plastik berisi oksigen murni ke pelanggan di seluruh negeri, mengatakan mereka harus mengurangi pengiriman di tengah kekurangan oksigen di kabupaten mereka.

Seorang warga kemudian menemukan fasilitas isi ulang tangki oksigen di kabupaten tetangga Pacitan, yang kemudian turun ke sana untuk mengisi ulang tiga tangki — satu untuk transportasi koi dan dua untuk pasien COVID-19.

Kembali di Tulungagung, masyarakat segera menemukan bahwa tangki berisi udara biasa, karena beberapa koi mereka mati dalam waktu 15 menit setelah dimasukkan ke dalam kantong plastik yang digelembungkan.

“Kami kemudian mengisi tas dengan tangki cadangan [containing pure oxygen]. Beberapa ikan pulih, tetapi beberapa dalam kondisi buruk sehingga mereka mati, ”kata pemimpin masyarakat Alipin.

Isi tangki yang diisi ulang juga tidak lulus uji mudah terbakar, tambah Alipin.

Kisah komunitas tersebut menjadi viral dan menarik perhatian nasional, mendorong polisi setempat untuk melakukan penyelidikan.

Selain dugaan penipuan, polisi mengatakan mereka juga mencari kemungkinan bahwa stasiun isi ulang secara ilegal mengambil untung dari krisis pasokan oksigen yang disebabkan oleh COVID.

“[The tanks they refill] Bukan untuk pasien, hanya untuk koi,” kata Kompol Farman Polda Jatim hari ini.

Terkait skandal koi, Polsek Tulungagung mengimbau masyarakat setempat untuk hanya mengisi ulang tangki oksigen medis mereka di distributor berlisensi, yang diawasi ketat oleh pemerintah.

Baca berita terbaru tentang MEDIA24JAM

Artikel ini, Bagaimana peternak koi mengungkap dugaan penipuan isi ulang tangki oksigen di Indonesia, awalnya muncul di Coconuts, perusahaan media alternatif terkemuka di Asia.

Pos terkait