Gunakan Perahu, ACT Sukabumi Salurkan Hewan Kurban Hingga ke Pelosok Sukabumi – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Gunakan Perahu, ACT Sukabumi Salurkan Hewan Kurban Hingga ke Pelosok Sukabumi

MEDIA24JAM – Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Sukabumi mendistribusikan hewan kurban hingga ke daerah pelosok di Sukabumi. Para penggoat ACT sampai harus menggunakan perahu untuk menyalurkan daging hewam kurbam itu.

ACT menyalurkan hewan kurban berupa sapi dan kambing masing -masing dua ekor ke daerah pelosok yang bernama Kampung Ciloma, Desa Cibitung Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Penyaluran dilakukan tepat di Hari Raya Idul Adha, Selasa 20 Juli 2021 kemarin.

Dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi, pelaksanaan pemotongan dua ekor sapi dan dua  kambing dengan berat 230 kg dan kambing 70 kg berjalan dengan lancar. Daging kurban dibagikan kepada 400 orang penerima manfaat

Kampung Ciloma merupkan salah satu daerah pelosok di mana sudah 2 tahun beruntun masyarakatnya tidak merasakan daging kurban. Mayorita penduduk di kampung tersebut adalah petani sederhana.

Untuk menuju ke lokasi saja harus menempuh perjalan air dengan perahu selama 1 jam.

“Dengan alasan itulah yang menjadi dasar mengapa ACT Sukabumi berukurban di sana,” kata Kepala ACT Cabang Sukabumi, Erwin Wikanda, kepada wartawan, Rabu (21/07/21).

Dia menjelaskan, selain di kampung pelosok ACT bekerjasama khususnya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Kabupaten Sukabumi, mendapatkan 10 ekor sapi yang akan disebar ke 7 kecamatan yang ada di Kota Sukabumi

“Semangat Idul Adha 1442 H ini adalah darurat solidaritas. Sebagaimana yang disampaikan kantor pusat, ACT mendistribusikan 1.000 ekor sapi untuk Jawa dan Bali. Kami berkolaborasi dengan para ulama dan MUI,” imbuhnya.

“Sukabumi sendiri akan kami sebar 7 ekor sapi kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya pada kondisi pandemi saat ini. Termasuk pondok pesantren, guru ngaji, duafa, dan masyarakat lain.” sambungnya.

Masih kata Erwin, tema yang diangkat kali ini adalah “Qurban Tanpa Batas”. Ia mengungkapkan bahwa berdasarkan keadaan pandemi saat ini yang telah memasuki tahun kedua di Indonesia menyebabkan banyaknya pembatasan dari berbagai hal.

Namun dengan berqurban, batasan itu dapat dilewati walaupun dengan tetap memperhatikan keamanan protokol kesehatan yang ada.

“Kita berqurban tanpa ada batas, semua bisa berqurban dimanapun termasuk di rumah. ACT menyebar di seluruh Indonesia, para pelaksana qurban pun tidak perlu datang ke kantor dengan sistem digital dan online kita tetap bisa berqurban. Meskipun di rumah, pahala tetap bisa kita dapatkan dan Insyaallah terhindar dari paparan covid-19.” tandasnya.

Reporter: Rizky Miftah | Redaktur: Mohammad Noor

Pos terkait