Setel Rem Tangan Mobil: Mudah & Tanpa Perlu Ke Bengkel

  • Whatsapp

Setel rem tangan mobil ternyata dapat kita lakukan dirumah. Rem tangan mobil seiring bertambahnya usia mobil dapat berubah ketinggiannya. Penyebabnya adalah kawat atau kabel penarik yang memanjang atau bisa juga karena kampas tromol belakang yang sudah menipis.

Rem tangan biasannya juga disebut dengan rem parkir. Sama seperti komponen mobil lainnya, rem tangan juga mempunyai fungsi yang sama pentingnya. Dimana fungsinya juga menyangkut keamanan saat berkendara. Sehingga jika rem tangan kurang pakem, maka tentunya akan sangat membahayakan saat anda sedang memarkirkan kendaraan ataupun berhenti di jalanan yang menanjak atau miring.

Rem tangan adalah rem yang dipakai untuk menahan mobil ketika mobil ditinggal atau menjaga agar mobil tidak tergelincir saat diparkirkan. Tidak hanya itu saja, rem tangan ini juga berfungsi saat anda akan memberhentikan mobil anda pada waktu yang cukup lama dari 5 menit hingga beberapa jam. Rem tangan ini biasanya berada di tengah-tengah diantara bangku depan.

Komponen ini biasanya dioperasikan dengan cara ditarik agar dapat mengaktifkan rem tangan ini. Namun kita sering menemui kondisi dimana tuas rem tangan ini begitu tinggi. Sehingga rem jadi kurang pakem. Oleh karena itu, kita perlu melakukan penyetelan rem tangan secara rutin.

Untuk itu penyetelan rem tangan sangat diperlukan jika dirasa kondisi dari rem tangan kurang begitu baik. Biasanya penyetelan ini juga dilakukan ketika kondisi rem tangan dirasa terlalu tinggi ketika menarik tuas. Sedangkan penyetelan rem tangan pada mobil matic biasanya dikarenakan ketika pedal rem yang ada di kaki kiri dirasa terlalu dalam.

Setel Rem Tangan Mobil: Peralatan

Apabila rem tangan dirasa dalam kondisi yang kurang baik Anda tidak perlu khawatir. Sebab Anda dapat memperbaikinnya sendiri di rumah. Bahkan, dengan peralatan yang mudah ditemukan. Bahkan, peralatan ini pasti ada disetiap rumah. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk melakukan setel ulang rem tangan mobil?

Peralatan yang Anda butuhkan untuk setel rem tangan mobil adalah dongkrak. Selain itu Anda juga membutuhkan kuncir 12 stock, stang rachet, anti karat, baut 12 mm, dan obeng minus. Bagaimana, mudah ditemukan peralatan untuk setel rem tngan mobil?

Setel Rem Tangan Mobil
Setel Rem Tangan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Setel Rem Tangan Mobil: Hal Yang Penting Diperhatikan

Sebelum melakukan penyetelan terhadapap rem tangan ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jadi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyetel ketinggian tuasnya. Pertama adalah pastikan bahwa Tidak ada udara di dalam sistem hidraulis rem. Ciri- ciri nya adalah dengan jarak travel pedal rem sudah tepat.

Selanjutnya Anda harus menekan pedal rem beberapa kali sebelum menyetel. Untuk yang terakhir adalah pastikan bahwa keausan kampas rem tromol belakang tidak melebihi limit.

Setel Rem Tangan Mobil: Langkah- Langka

Setelah menyiapkan alat untuk melakukan setel rem tangan dan memastikan bebera hal, selanjutnya Anda dapat memulai untuk melakukan setel rem tangan mobil. Berikut adalah langkah langkah dalam melakukan setel rem tangan mobil.

Mendongkrak Roda Belakang Mobil

Setel Rem Tangan Mobil
Setel Rem Tangan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Langkah pertama dalam melakukan setel rem tangan mobil adalah dengan mendongkrak roda belakang mobil. Hal ini dulakukan sebab rem parkir itu terletak pada rem tromol yang letaknya pada roda belakang mobil, maka kita perlu melepas roda dan membongkar tromol rem.

Sebelum itu, dongkrak dulu mobil untuk bisa melepas rodanya. Saat mendongkrak mobil, hal yang terpenting adalah letak tumpuannya. Pastikan Anda menggunakan titik tumpu yang benar sebagai tumpuan.

Selanjutnya Anda memerlukan kunci roda untuk melepas baut roda. Ya, langkah selanjutnya adalah melepaskan roda mobil.

Mengeluarkan Tromol Rem

Langkah selanjutnya dalam melakukan setel rem tangan mobil adalah mengeluarkan tromol rem. Dimana sebelum melakukan langkah yang satu ini, kita harus menurunkan terlebih dahulu rem tangan pada mobil. Sebab, ketika posisi kampas rem menekan tromol rem maka kita tidak akan bisa menggunakannnya.

Untuk mengeluarkan tromol rem, perlu teknik khusus karena posisi tromol ini sering kali menempel dengan bagian center axle. Sehingga kita tidak bisa menariknya begitu saja. Pertama anda harus mengetahui kalau ada dua buah lubang baut pada permukaan tromol rem yang posisinya saling bersebrangan. Ini adalah lubang baut tempat untuk mengeluarkan tromol rem.

Selanjutnya Anda dapat mulai melepaskannya dengan menggunakant berukuran 14 mm panjang. Berhati- hatilah saat Anda memutar baut. Jangan sampai tromol menjadi bengkok. Jangan putar terlalu banyak untuk menghindari tro mol bengkok.

Menyetel Celah Rem

Langkah selanjutnya dalam menyetel rem tangan adalah dengan menyetel celah rem. Caranya adalah dengan memutar adjusting screw. Letak adjusting screw ini, biasanya terletak pada bagian atas sistem rem tromol. Anda bisa menemukan adjuster ini dengan meilihat komponen kecil yang bergerigi.

Baca Juga: Apakah Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun? Berikut Alasannya

Untuk menyetelnya, anda perlu memutar komponen bergerigi tersebut menggunakan bantuan obeng (-). Caranya, dengan mengungkit gerigi pada adjuster kearah atas atau bawah. Untuk arah penyetelan mungkin berbeda untuk setiap mobil. Oleh karena itu coba putar ke arah atas atau bawah hingga kampas rem tromol melebar.

Memasukan Kembali Tromol Rem

Setel Rem Tangan Mobil
Setel Rem Tangan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya adalah memasukan kembali tromol rem. Setelah berhasil menyetel kampas rem, lalu masukan tromol rem ke posisinya seperti semula. Setelah itu putar tromol rem, pastikan tromol bisa masuk dengan mudah dan saat diputar juga tidak seret namun terdengar suara gesekan antara kampas dan permukaan tromol.

Memasang Roda

Langkah terakhir dalam proses menyetel rem tangan mobil adalah memasang kembali roda mobil serta memasang baut. Lalu lanjut untuk menyetel rem tromol pada roda satunya.

Penyetelan rem tromol memang harus dilakukan pada semua roda (roda belakang kiri dan kanan), karena kalau tidak bisa menyebabkan efek selip pada salah satu roda dan kampas rem pada salah satu rem tromol juga akan lebih cepat habis.

Baca Juga: 5 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Bagiaman proses menyetel rem tangan mobil? Apakah Anda dapat melakukannya sendiri atau harus di bawa kebengkel? Apapun pilihannya, yang pasti pastikan bahwa rem tangan dalam kondisi baik. Sebab, rem tangan merupakan salh satu komponen yang menunjang keselamtan saat berkendara.

Pos terkait