Eko Kunthadi: Waspada Pembenturan Agama dan Negara

  • Whatsapp

JIKA dibandingkan dengan dua narasumber lain pada episode Kick Andy Double Check kali ini, Eko Kunthadi bisa dibilang junior dalam popularitas. Namanya baru mencuat jelang Pilpres 2019 meski sebelumnya juga sudah banyak menulis opini di berbagai platform.

Meski begitu, pada akhir bulan lalu Eko viral lantaran kicauannya soal dana hasil penggalangan yang disalurkan Ustaz Adi Hidayat (UAH). Tidak sedikit warganet yang geram dengan kicauannya yang dinilai memunculkan fitnah penyelewenangan dana. Tagar #TangkapEkoKunthadi pun viral.

Tidak hanya itu, Eko juga terkena kasus lain. Ia dilaporkan oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo karena video yang telah dibuatnya. Pertanyaan soal buzzer pun dialamatkan Andy kepada Eko.

Dengan kesamaan pemikiran yang terlihat pada Eko dan Denny, Andy lantas mengejar keduanya soal kesepakatan di balik layar. Mengenai hal ini Eko membantah tegas.

Ia mengaku menjadi aktivis medsos lantaran prihatin atas berkembangnya radikalisme dan intoleransi di Indonesia. Ia melihat banyak kejadian sehari-hari dengan SARA menjadi dasar penerimaan seseorang di suatu komunitas atau suatu tempat, bahkan menjadi ukuran seseorang dapat menyewa sebuah kamar kos.

Sebab itu, Eko menilai bahwa medsos memang bukan saja harus dimanfaatkan, tapi juga harus dijadikan senjata untuk perla­wan­an terhadap intoleransi. Lewat medsos juga, imbuhnya, kewaspadaan masyarakat bisa dibangkitkan terkait adanya orang-orang yang ingin membenturkan negara dengan agama.

Dalam kesempatan itu Andy juga menyinggung soal konsistensi Eko dalam mengawal isu-isu yang diperjuangkannya di momen menuju Pilpres 2024. “Masa depan Indonesia, bagaimana nantinya melihat bahwa 2024 kontestan di pilpres dikhawatirkan kembali akan mengangkat politik identitas, dan ini akan dibenturkan antara agama, kelompok, dan seterusnya. Sampai kapan Anda akan bersuara lantang seperti sekarang?” tanya Andy. Mengenai hal itu, Eko pun memberikan jawaban idealis yang selengkapnya bisa Anda simak malam ini di Metro TV. (M-1)


Pos terkait