Tanggap Darurat Covid-19 di DPR, Sekjen Pastikan Infrastruktur Digital Siap Dukung Rapat Penting – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Tanggap Darurat Covid-19 di DPR, Sekjen Pastikan Infrastruktur Digital Siap Dukung Rapat Penting

JAKARTA – Sekjen DPR RI, Indra Iskandar menyatakan, sesuai arahan pimpinan DPR RI tidak akan ada kegiatan sama sekali di semua komisi yang tidak memiliki agenda rapat penting menyusul terpaparnya beberapa orang oleh virus korona.

Bacaan Lainnya

Tapi, kata Indra Kepada ,EDIA 24 JAM, Sabtu (19/6/2021), untuk komisi yang harus segera memutuskan sesuatu dengan mitranya dipersilahkan mengoptimasi rapat virtual. Maksudnya, rapat dihadiri fisik oleh jajaran pimpinan dan 1 orang perwakilan tiap fraksi, sementara sisa anggota hadir secara virtual.

Indra memastikan, infrastruktur digital pendukung rapat virtual di parlemen dalam keadaan siap dan aman. “Kita sudah membuat infrastruktur digital itu secara baik. Nggak ada masalah. Di beberapa masa sidang kemarin sudah teruji berjalan baik,” ujarnya.

Fasilitasi Kesetjenanan DPR RI dalam mendukung optimasi rapat virtual (rapat fisik terbatas) ini, mengingat masih adanya tugas penting parlemen yang harus tuntas di masa sidang saat ini.

“Sampai dengan akhir masa sidang ini kan seluruh pembahasan anggaran kementerian itu harus selesai karena itu siklus. APBN 2022 harus diputuskan dalam masa sidang ini,” terang Indra.

Senin mendatang, kata Indra, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan seluruh sekretariat komisi dan alat kelengkapan dewan mengenai situasi tanggap darurat Covid-19 bagi parlemen saat ini. Selain soal rapat dan peniadaan sementara kegiatan di komisi sebagaimana dimaksud, akan dikoordinasikan juga mengenai larangan kunjungan anggota DPR ke luar negeri dan ke daerah di Tanah Air yang terkonfirmasi zona merah.

Rencananya, semua ini akan dievaluasi pada akhir Juni 2021.

Terkait situasi ini, peneliti Formappi, Lucius Karus sempat menyatakan bahwa penting bagi Kesetjenan DPR untuk memastikan infrastruktur digital dalam keadaan siap untuk mendukung rapat-rapat virtual di Senayan. Kesiapan infrastruktur digital yang dimaksud Formappi termasuk memastikan keterbukaan informasi publik tetap terpenuhi; Dokumen-dokumen yang sifatnya bukan rahasia harus cepat tersedia dan mudah untuk diakses; Selain rapat tertutup bisa dengan mudah disaksikan oleh publik.***

Pos terkait