Next Policy: Holding Bisa Tata Kembali Ekosistem Ultra Mikro – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Next Policy: Holding Bisa Tata Kembali Ekosistem Ultra Mikro

JAKARTA – Ekonom UI sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, pembentukan holding ultra mikro yang melibatkan tiga entitas BUMN bisa menata ekosistem usaha ultra mikro dan membangun pondasi ekonomi nasional di masa mendatang.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah tentu ingin holding ini lebih spesifik dalam menjangkau banyak pelaku usaha di daerah-daerah terluar dan membangun integrasi yang lebih baik. Cara ini tentu sangat baik terutama di masa post-pandemi. Ini untuk membangun pondasi ekonomi di masa depan,” kata Dia dalam rilis yang dikutip ,EDIA 24 JAM, Sabtu (19/6/2021).

Seperti diketahui, pemerintah tengah membentuk holding ultra mikro dengan mengintegrasikan ekosistem tiga BUMN yang melayani sektor ultra mikro dan UMKM yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Faisal melanjutkan Pegadaian dan PNM mampu melakukan pendampingan pada segmen ultra mikro secara lebih intensif. Upaya yang dilakukan PNM pun juga akan membantu meningkatkan inklusi keuangan karena akan banyak mendorong pelaku usaha unbankable untuk memiliki tabungan terlebih dahulu.

Sementara itu, BRI yang kuat dalam permodalan dan likuiditas pun dapat meningkatkan kinerja Pegadaian dan PNM secara langsung dalam melakukan pendampingan. “Terlebih, integrasi data dari holding tersebut tentu akan mampu menangkap banyak potensi pertumbuhan ultra mikro berkualitas di tahun ini,” tegas Faisal.***

Pos terkait