5 Penyebab Starter Mobil Berat

  • Whatsapp
Orapada

Sebagai kendaraan yang digunakan untuk mobilisasi keseharian, pasti akan sangat menyebalkan ketika starter mobil berat. Apalagi ketika terjadi di pagi hari, hal ini dapat menyebabkan hilangnya mood baik, bukan?

Banyak faktor yang menjadi penyebab starter mobil berat. Namun yang pasti, hal ini terjadi karena kurangnya perawatan yang kalian lakukan. Dimana, akan banyak komponen yang saling berhubungan dan menimbulkan masalah yang tidak terduga. Salah satunya seperti starter mobil berat.

Starter Mobil Berat

Mungkin, ketika di pagi hari dan saat menyalakan mobil, starter mobil berat Anda akan mengira bahwa masalahnya ada pada aki mobil. Eitz, banyak faktor yang menyebabkan mengapa starter mobil terasa berat. Jadi, masalahnya tidak hanya pada aki mobil.

Sehingga, Anda perlu mencari tahu sumber dari masalah. Ada banyak komponen yang dapat menimbulkan masalah yang satu ini. Tidak hanya aki mobil saja. Jadi, segera bawa ke bengkel untuk menegtahui komponen mana yang menjadi penyebab starter mobil berat.

Lalu, komponen apa saja yang dapat menjadi penyebab starter mobil terasa berat? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Penyebab Starter Mobil Berat

Ada lima hal yang dapat menyebabkan starter mobil berat. Jadi, lakukan pengecekan pada bagian- bagian ini apabila starter mobil Anda terasa berat. Selain itu, tetap lakukan perawatan mobil secara teratur, agar tidak menimbulkan masalah yang satu ini.

Apa saja faktor yang menyebabkan starter mobil berat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Tegangan Aki Mobil

Penyebab starter mobil terasa berat adalah aki mobil. Ya, aki memang sering menjadi penyebab timbulnya masalah pada mobil. Sebelum menyebabkan mogok, biasanya aki yang akan habis ataupun soak juga akan menyebabkan starter mobil terasa berat. Tidak hanya melulu mengani perawatan aki yang kurang, namun usia penggunaan aki yang memang sudah melampaui dari batas yang digunakan juga dapat menyebakan aki menjadi soak.

Untuk bisa mendeteksi hal ini, anda dapat menggunakan multimeter ataupun voltmeter yang ada di bagian aki mobil. Volt meter tersebut nantinya akan menunjukkan sisa tegangan yang masih ada di dalam aki mobil anda. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencoba untuk mengganti langsung aki pada mobil anda jika memang tegangan di dalam sudah hampir habis. Apabila setelah dicek dengan alat tersebut ternyata sudah habis. Maka segera ganti aki mobil Anda.

Masalah Pada Busi

Penyebab starter mobil berat yang selanjutnya adalah masalah pada busi. Biasanya busi mobil kotor, sehingga menimbulkan masalah. Biasanya, busi akan bermasalah apabila salah satu bagian yang ada di dalamnya mengendap banyak kotoran ataupun tingkat kerenggangan yang ada pada busi terlalu besar ataupun rapat. Hal ini dapat terjadi karena Anda tidak memperhatikan perawatannya.

Penyebab Starter Mobil Berat (Sumber Gambar: Google)

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya? Pertama Anda dapat melakukan cek keseluruhan mulai dari bagian luar hingga komponen busi di dalam. Lepaskan busi mobil terlebih dahulu untuk bisa membersihkannya dari kotoran yang menempel. Sedangkan untuk menangani permasalah mengenai celah busi yang terlalu rapat atau besar anda bisa memeriksanya dengan menggunakan feller gauge.

Jika anda mengenal mesin mobil lebih dalam, maka anda bisa mencoba untuk mengembalikan busi ke dalam kondisi normal namun jika tidak maka anda bisa mencoba membawa mobil anda ke bengkel.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Pompa Bahan Bakar Melemah

Penyebab starter mobil berat selanjutnya adalah pmpa bensin yang melemah. Pompa menjadi bagian dari saluran mesin yang terhubung langsung dengan tangki mobil. Ketika pompa bensin bermasalah, maka dapat menyebabkan masalah pada starter mobil. Biasanya ini dikarenakan bagian pada saluran mesin yang langsung berhubungan pada tangki mobil. Bagian tersebut dinamakan fuel pump atau pompa bensin.

Jika kondisi pompa bensin yang memang sudah dapat bekerja dengan optimal maka tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap penyuplaian bahan bakat menjadi tidak seimbang. Sehingga menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter. Ketika hal ini terjadi pada mobil anda maka sebaiknya segera melakukan penggantian pada komponen tersebut sehingga kinerja nya dapat menjadi optimal dan membuat peforma moibl menjadi maksimal kembali.

Masalah Pada Sensor WTS

Penyebab starter mobil terasa berat selanjutnya adalah adanya maslah pada sensor WTS. WTS merupakan kependekan dari Water Temperature System. Ya, hal ini akan terjadi apabila mobil Anda menggunakan mesin jenis injeksi. Fungsi dari WTS sendiri adalah sebagai pendeteksi suhu mesin untuk kemudian diteruskan ke ECU. Apabila sensor WTS rusak, maka pengiriman sinyal informasi suhu mobil bakal terganggu. Secara otomatis, sistem kerja mesin injeksi terganggu dan mobil sulit di-starter.

Apabila kerusakan yang terjadi pada sensor WTS ini tergolong serius, maka akan membuat pengiriman sinyal tersebut menjadi salah dan secara otomatis akan membuat sistem kerja dari mesin injeksi menjadi berpengaruh. Bahkan fatalnya, hal ini akan menyebabkan mobil menjadi kesulitan untuk distarter.

Karburator Banjir

Penyebab starter mobil terasa berat yang terakhir adalah karburator mobil. Ada beberapa mobil yang menggunakan karburator. Ketika karburator terkena air cukup banyak ataupun bisa disebut dengan banjir, maka akan berdampak pada starter mobil yang akan sulit untuk dihidupkan.

Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu membogkar bagian ini. Hal ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Namun, untuk membogkar Anda perlu memiliki keahlian otomotif, Jadi, apabia Anda tidak memilikinya, mau tidak mau mobil harus dibawa kebengkel untuk dilakukan perbaikan.

Ketika saat dibongkar ternyata karburator dipenuhi dengan air, maka mekanik akan melakukan penyetelan ulang. Namun, beberapa mobil saat ini sudah tidak menggunakan karburator.

Baca Juga: Apakah Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun? Berikut Alasannya

Itulah lima penyebab starter mobil berat. Beberapa masalah diatas dapat Anda atasi sendir, namun ada beberapa yang membutuhkan bantuan mekanik. Namun, jika Anda benar- benar asing dengan pengetahuan mesin, ada baiknya langsung membawa mobil ke bengkel apabila starter mobil berat. Biarkan mekanik yang melakukan perbaikan.Sehingga, starter mobil yang berat tidak akan mengganggu aktifitas sehari- hari Anda.

Pos terkait