Over Kapasitas, 9 Narapidana Lapas Nyomplong Sukabumi Dipindahkan – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Over Kapasitas, 9 Narapidana Lapas Nyomplong Sukabumi Dipindahkan

MEDIA24JAM – Sedikitnya, 9 orang narapidana Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Nyomplong Sukabumi dipindahkan akibat over kapasitas.

Pasalnya, Lapas peninggalan Belanda ini seharusnya hanya dapat menampung 200 orang warga binaan saja, namun pada kenyataannya per hari ini saja sudah menampung 483 orang.

Pemindahan tersebut dilakukan ke Lapas kelas IIB Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, para Napi ini pun dilakukan swab antigen dan cek kesehatan terlebih dahulu.

“Kita kawal juga 5 orang petugas penjaga tahanan dari Lapas Sukabumi, dibantu oleh 1 orang Anggota Polres Sukabumi Kota juga 1 orang. Serta, Anggota Denpom ikut mengawal pemindahan Narapidana ini,” kata Kepala Lapas Kelas IIB, Christo Victor Nixon Toar, kepada wartawan, Jumat (18/06/21).

Lanjut dia, pemindahan tersebut bukan sebagai hukuman ataupun pengasingan. Melainkan diharapkan 9 orang narapidana yang dipindahkan ini mendapatkan pembinaan lanjutan yang baru dan lebih baik lagi.

Tentunya apalagi di Lapas besar dengan berbagai macam kegiatan diharapkan mereka mendapatkan pembinaan yang baru baik segi kerohanian dan juga kemandirian.

“Berkat kerjasama semua pihak proses pemindahan ini berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi selama proses berlanjut,” tandasnya.

Reporter: Rizky Miftah | Redaktur: Ujang Herlan

Pos terkait