Link Cara Cek Penerima Banpres BPUM per Juni 2021 & Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI

  • Whatsapp
link cara cek penerima banpres bpum blt umkm juni 2021

MEDIA 24 JAM: Link Cara Cek Penerima Banpres BPUM per Juni 2021 & Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI –

Bacalagers Media, Jakarta – Bantuan Rp 1,2 juta per peserta terpilih Program Bantuan Produksi Usaha Kecil (BPUM) atau BLT UMKM terus digalakkan Kementerian Pendidikan Koperasi dan UMKM lewat BNI dan BRI di link banpresbpum.id.

Dalam program BPUM tersebut, besaran yang akan didapatkan pelaku UMKM pada tahun 2021 sebesar Rp 1,2 juta untuk usaha kecil. Ini turun dari Rp 2,4 juta pada tahun lalu. Bantuan ini bersifat hibah, tidak ada pinjaman ataupun kredit tanpa agunan (KUR).

Program BLT UMKM atau Banpres BPUM 2021 adalah strategi pemerintah untuk menghidupkan kembali perekonomian nasional, membantu usaha kecil bertahan dan kembali aktif di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Resmi Dibuka Hari Ini! Klik fmotm.jakarta.go.id Daftar DTKS FMOTM 2021 DKI Jakarta Agar Dapat Bansos Hingga Rp 1,8 Juta

Dana program bantuan yang dicanangkan pemerintah mulai Maret 2020 akan disalurkan melalui tiga bank BUMN, yaitu Bank BNI, BRI, dan Bank Syariah Aceh.

Apabila ingin cek bantuan program BLT UMKM atau Banpres BPUM bisa cek lewat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yaitu lewat link banpresbpum.id.

Baca juga: Syarat & Cara Mendapatkan Bansos FMOTM 2021 Untuk Warga DKI Jakarta, Daftar Online Lewat HP di Sini

Adapun cara cek setelah akses link banpresbpum.id, adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP.
  2. Kemudian klik “CARI”
  3. Setelah pencarian data DTKS, nantinya akan ada notifikasi apakah Kamu sudah mendapatkan bantuan atau tidak.
  4. Apabila terdaftar sebagai penerima, pelaku UMKM bisa pergi langsung ke kantor cabang Bank BNI terdekat untuk mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta.
  5. Nantinya, penerima bantuan akan memiliki pilihan: Langsung ditransfer ke rekening penerima atau dibuatkan ATM baru secara gratis.

Baca juga: Batal Diberangkatkan, Begini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas Biaya Haji (BIPIH) Reguler 2021

Persyaratan mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta Banpres BPUM BNI sebagai berikut:

  1. Membawa buku tabungan dan kartu ATM
  2. Membawa e-KTP
  3. Membawa surat pernyataan yang ditandatangani oleh aparat desa setempat
  4. Notifikasi SMS pemberitahuan penerima Banpres Produktif (BPUM) sendiri tidak hanya terbatas pada mereka yang sudah mempunyai rekening BNI.

Baca juga: Cara Daftar Program FMOTM 2021 DKI Jakarta Untuk Warga Miskin di fmotm.jakarta.go.id agar Dapat Bansos DTKS

Bagi pelaku UMKM yang tidak terdaftar dalam aplikasi ini bisa mengajukan permohonan langsung ke kantor wilayah yang bertanggung jawab atas koperasi dan UMKM.

Berikut persyaratan daftar pengajuan BLT UMKM atau Banpres BPUM

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP
  3. Mempunyai usaha mikro
  4. Bukan ASN: TNI, Polri, Pegawai BUMN/BUMD, Anggota DPR/DPRD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang mempunyai e-KTP dan domisili usaha berbeda harus melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil)

Baca juga: 5 Bansos & BLT UMKM yang Cair Juli 2021: BPUM, PKH sampai BST Kemensos, Cek Daftar Penerima Secara Online di Sini

Hingga Jum’at, 11 Juni 2021, BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp 1,2 juta masih dalam tahap 2. Belum ada pernyataan resmi perihal tahap 3 dari pemerintah pusat.



Demikian sedikit wawasan untuk anda dari kami ini dengan judul Link Cara Cek Penerima Banpres BPUM per Juni 2021 & Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta via BNI semoga bermanfaat untuk anda semua pembaca setia MEDIA 24 JAM.

Pos terkait