Investasi adalah: Pengertian, jenis, cara berinvestasi, serta manfaat yang didapat dari investasi

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Investasi adalah: Pengertian, jenis, cara berinvestasi, serta manfaat yang didapat dari investasi

Pengertian investasi

Investasi adalah kegiatan seseorang untuk menanamkan modal berupa uang maupun aset lainya kepada perusahaan yang membuka peluang investasi dengan harapan kita sebagai pemilik modal dapat mengambil keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Menurut kamus besar bahasa indonesia investasi adalah “Penanaman modal atau uang pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan”.

Melansir wikipedia, dalam arti luas, Investasi adalah cara kita meluangkan waktu dan tenaga demi keuntungan atau manfaat dimasa yang akan datang.

Jadi, Investasi adalah membeli sesuatu yang kita harapkan dimasa mendatang yang dapat kita jual kembali dengan nilai yang lebih tinggi.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pengertian Investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka pangjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham atau surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Jenis-Jenis Investasi Secara Umum

Ada banyak jenis investasi namun yang paling krusial dibagi menjadi 2 yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

1. Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang adalah investasi yang pengembalian modalnya dapat diterima diatas tiga tahun. Jangka waktunya biasanya terkait dengan jumlah return.

Investasi jangka panjang biasanya memberikan return yang lebih besar dibandingkan investasi jangka pendek. Itu karena keuntungan investasi jangka pendek dapat diterima lebih cepat.

2. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah investasi yang pengembalian modalnya diberikan dalam kurun waktu satu sampai tiga tahun tidak melebihi dari tiga tahun tergantung perusahaan yang ditanami modal. Namun sayangnya, return yang diberikan dalam investasi jangka pendek lebih kecil bilan dibandingkan dengan investasi jangka panjang 

Dalam sisi lain, investasi juga mengandung resiko. Resikonya dapat kehilangan aset atau dana ketika berinvestasi tidak sesuai ekspektasi atau tidak sesuai harapan/gagal. Biasanya kita sering menyebutnya dengan investasi bodong.

Jenis-Jenis Investasi Secara Luas

Pengertian Investasi Reksa Dana

Investasi Reksa Dana adalah cara pengelolaan modal bagi sebagian investor(pemilik modal) untuk berinvestasi dalam instrumen investasi yang ada di pasar modal caranya dengan membeli unit penyertaan reksa dananya.

Terdapat 4 hal penting dalam definisi dana yaitu, 

1. Reksa dana merupakan kumpulan dana dari investor.

2. Diinvestasikan pada instrumen investasi.

3. Reksa dana dikelola oleh manajer investasi.

4. Reksa dana adalah instrumen jangka menengah dan jangka panjang.

Karakteristik Reksa Dana

1. Reksa Dana Tertutup

Reksa dana tertutup adalah reksa dana yang tidak dijual lagi keperusahaan manajemen yang menerbitkan. Harga jualnya juga diatas atau dibawah nilai aktiva bersih.

2. Reksa Dana Terbuka

Reksa dana terbuka adalah reksa dana yang bisa dijual lagi ke perusahaan manajemen yang menerbitkan. Harga jualnya juga sama dengan nilai aktiva bersihnya.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Reksa Dana dibagi menjadi beberapa bagian :

1. Reksa Dana Konvensional

2. Reksa Dana Terstruktur

3. Reksa Dana ETF

4. Reksa Dana Real Estate 

5. Reksa Dana Syariah

dari beberapa jenis reksa dana dia atas dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu,

Reksa Dana Konvensional

Reksa Dana Saham yang melakukan investasi yang sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelola. Reksa dana ini memiliki resiko yang sangat besar demikian pula Keuntungan pertumbuhan nilai investasinya.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80& dari portofolio dan bersifat utang. Resiko reksa dana pendapatan tetap lebih rendah dari pada reksa dana saham karena efek utang dalam portofolionya ini memberikan bunga atau kupon atau imbalan hasilnya secara rutin.

Reksa Dana Pasar Uang ini yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% hingga 100% dengan efek hutang yang berjangka. 

Reksa dana ini tidak dikenakan biaya penjualan dan pembelian kembali dan potensi tingkat pengembalian yang tinggi dari pada harus membuka tabungan rekening.

Reksa dana campuran merupakan reksa dana  yang melakukan efek utang atau ekuitas yang perbandingannya tidak termasuk kedalam reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana ini mempunyai kebebasan mengatur komposisi asetnya sendiri. Baik itu saham maupun instrumen pasang uang. Potensi hasil reksa dana campuran lebih besar dari pada reksa dana pendapatan tetap namun lebih kecil dari pada reksa dana saham.

Reksa Dana Terstruktur 

Reksa dana penjaminan adalah reksa dana yang memberikan jaminan pada saat jatuh tempo. Namun jaminan ini bukan dari manajer investasi tetapi oleh pihak ketiga seperti asuransi.

Jenis reksa dana ini tidak atau belum ada di indonesia.

Reksa dana terproteksi adalah reksa dana yang memberikan jaminan kepada investor bahwa reksa dana yang diinvestasikan terproteksi sekurang kurangnya nilainya tetap sama pada saat investasi dikeluarkan.

Jenis investasi ini tidak atau belum ada di indonesia.

Reksa dana indeks adalah reksa dana yang dijalankan untuk mendapat hasil yang hasilnya mirip dengan indeks acuan baik itu indeks saham, indeks obligasi. 

Reksa dana indeks juga memiliki keuntungan dan kerugiannya sejalan dengan indeks tersebut. Bila ada selisih, biasanya selisihnya pun sangat kecil.

Reksa Dana ETF (Exchange Trade Fund)

Reksa dana etf adalah reksa dana yang dimana aset portofolionya berdasarkan pada indeks tertentu selanjutnya unit penyertaan diperdagangkan dibursa efek indonesia menggunakan jasa broker.

Reksa Dana Real Estate 

Reksa dana real estate adalah reksa dana yang manajemen investasinya mengelola sekaligus membeli gedung seperti apartemen atau perkantoran. Kemudian investor akan menerima secara teratur pendapatan uang sewa gedung itu setelah dikurangi untuk biaya pengelolaan gedung.

Reksa Dana Sya’riah

Reksa dana sya’riah adalah jenis reksa dana yang sistem keuangan sya’riahnya berpedoman pada kaidah-kaidah islam. 

Jenis reksa dana ini telah diinvestasikan pada saham atau obligasi dari perusahaan yang produknya bertentangan dengan sya’riat islam. Seperti pabrik alkohol, daging babi, rokok, perhotelan, maupun jasa keuangan yang berfokus pada bunga yang dikeluarkan serta hiburan yang berbasis maksiat yang mengundang syahwat. Reksa dana ini harus melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebenarnya pada reksa dana sya’riah dan konvensional memiliki persamaan dalam bentuk sifat dan karakteristiknya yang membedakan hanya prinsip operasionalnya saja yang menerapkan prinsip sya’riat islam.

Pos terkait