5 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

  • Whatsapp

Cara mengganti minyak rem mobil sangatlah mudah. Sama dengan cara megganti minyak rem motor yang dapat dilakukan sendiri dirumah, mengganti minyak rem mobil juga dapat diganti sendir, loh. Bahkan bisa dilakukan sendiri meskipun tidak memiliki pengetahuan otomotif yang berlebih.

Menggati minyak rem juga salah satu perawatan kendaaraan yang harus di lakukan secara rutin, hal ini tentu saja mengingat jika fungsi dari rem ini sangat lah penting. Cara mengganti minyak rem mobil wajib diketahui oleh pengendara supaya bisa mengantisipasi kerusakan mesin mobil.

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Rem merupakan alat keselamatan pada kendaraa, baik mobil maupun motor. Untuk itu, ceklah sistem pengereman sebelum Anda menggunakan mobil untuk memastikan bahwa rem mobil berfungsi dengan baik. Selain itu, lakukanlah perawatan secara rutin pada sisitem pengreman. Salh satu perawatan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri adalah dengan mengganti rem minyak.

Pada dasarnya minyak rem mobil harus diganti setiap 2 tahun sekali atau ketika jarak tempuh sudah mencapai angka 20.000 km. Proses penggantian minyak rem mobil bisa Anda ikuti dengan mudah kalau memang ingin melakukannya sendiri. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak mengganti rem minyak.

Minyak rem dalam sistem rem cakram berfungsi sebagai media untuk menyalurkan tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Apabila volumenya kurang tentu saja dampak kinerja rem tidak optimal.

Berhungungan minyak rem akan mempengaruh kinerja rem yang merupakan bagian dari keselamtan, maka kita harus memperhatikan penggantian minyak rem. Cara mengganti minyak rem mobil sangatlah mudah. Bahkan Anda dapat melakukannya sendiri. Berikut adalah ulasan mengenai cara mengganti minyak rem mobil yang dapat Anda praktikan dirumah.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis Kaca Spion Mobil yang Penting Untuk Diketahui

Memposisikan Mobil

Cara mengganti minyak rem mobil yang pertama adalah dengan memposisikan mobil ditempat yang aman. Selain itu, posisikan mobil di tempat yang memiliki permukaan yang rata. Hal ini supaya proses pengisian minyak rem tidak mengalami kesulitan lain. Jangan sampai tempat parkir tersebut posisinya tidak sesuai dari sisi ketinggian karena akan menyulitkan proses penggantian.

Apabila sudah mulai pasang dongkrak mobil dan kendorkan baut ban. Tempatkan ban di bawah kolong mobil dan simpan bautnya di tempat aman agar tidak tercecer.

Melepas Baut Pada Roda

Lalu, cara selanjutnya dalam mengganti minyak rem mobil adalah melepas seluruh baut roda. Kumpulkan baut, jangan sampai hilang. Setelah itu, cari penutup reservoir penampung minyak rem lalu Anda buka. Letak penutup reservoir ada di depan booster rem.

Mengeluarkan Minyak Rem

Selanjutnya, jika sudah maka dapat mulai memasukkan kunci ring dan selang ke nepel brake yang ada di kaliper rem. Kemudian hubungkan dengan penadah yang ada di bawahnya. Putar nepel brake dengan kunci ring. Nantinya, saat proses ini minyak rem akan keluar.

Agar proses pengurasan minyak rem lebih cepat, maka injak pedal rem berkali-kali. Cara ini akan menjadikan minyak rem lebih cepat keluar. Jangan lupa untuk terus memantau jumlah minyak rem di plastik. Ingat, jangan sampai minyak rem yang ada di dalam reservoir habis supaya udara tidak terjebak masuk ke bagian dalam sistem pengereman.

Selanjutnya Anda bisa mulai menambahkan minyak rem ke dalam reservoir. Lakukan penginjakan pedal rem lagi. Anda harus memperhatikan warna minyak rem yang ada di dalam selang. Jika sudah berwarna cerah atau terlihat bening, berarti minyak rem telah terganti oleh yang baru. Apabila sudah selesai memastikan, segera tutup nepel brake menggunakan kunci ring yang masih menempel.

Memasang Kembali Baut Roda

Kembali pasang keempat roda dan kencangkan baut dengan baik. Terkadang dalam proses penggantian ada minyak rem yang terkena bodi mobil. Kalau sudah kena, sebaiknya segera siram dengan air supaya tidak mengakibatkan cat rusak.

5 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil
5 Cara Mengganti Minyak Rem Mobil (Sumber Gambar: Google)

Peralatan Untuk Menganti Minyak Rem

Berbeda dengan mengganti minyak rem motor, dalam mengganti minyak rem mobil ada beberapa peralatan dan tenaga yang harus disiapkan. Pastikan bahwa peralatan ataupun tenaga untuk mengganti minyak rem mobil telah tersedia sebelum mulai mengganti minyak rem. Apa saja peralatan yang harus disiapkan?

Peralatan pertama yang harus Anda siapkan adalahkunci kunci yang dibutuhkan meliputi kunci pas ring ukuran 8 atau 10 disesuaikan dengan ukuran kepala nipel minyak rem. Kemudian siapkan juga selang air kecil yang biasa dipakai oleh pekerja bangunan sepanjang 60 sampai 80 cm, serta botol kosong yang nantinya digunakan untuk menampung minyak rem bekas agar tidak tercecer kemana mana. Pastikan juga anda menyiapkan minyak rem baru. Silahkan dimodifikasi sesuai dengan gambar diatas.

Setelah peralatan disiapkan jangan lupa untuk menyiapkan tenaga. Maksudnya adalah Anda butuh bantuan orang lain saat akan mengganti minyak rem mobil. Hal ini dikarenakan untuk membantu dan mempercepat proses penggantian minyak rem.

Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal setidaknya anda membutuhkan 3 orang untuk melakukan penggantian minyak rem. Ada satu orang yang bertugas untuk menjaga fluida minyak rem yang ada pada reservoir/ tangki minyak agar tetap dalam keadaan max. Selanjutnya ada dua orang yang bertugas standby di tempat duduk pengemudi dan menunggu aba aba dari teknisi ketiga untuk memompa pedal rem.

Baca Juga: Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor Vespa: Waspadai Kerusakannya!

Yang terakhir adalah teknisi ketiga, yang bertugas untuk memberikan perintah ke teknisi kedua untuk melakukan gerakan memompa pedal rem, sedangkan dia sendiri melakukan pekerjaan membuka dan menutup nipel minyak rem.
Itulah cara mengganti minyak rem mobil yang dapat Anda praktikan sendiri dirumah. Siapkan alat, dan juga jangan sungkan untuk meminta bantuan ke orang lain. Sehingga, minyak rem benar- benar dapt diganti dengan baik.

Pastikan setelah Anda melakukan penggantian minyak rem sendiri dirumah untuk mencobanya dengan menjalankan mobil dan mengeremnya guna mengetes kepakeman pedal rem mobil kalian. Semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan dirumah. Pastikan Anda juga telah memilih minyak rem yang sesuai dengan kendaraan. Jadi, carilah reverensi mengenai minyak rem yang sesuai dengan jenis mobil. Sehingga, dapat bekerja secara maksimal.

Pos terkait