Kurangi Pengangguran, Ditengah Pandemi Covid-19 Pemkab Kendal Gelar Job Fair Online 2021

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Kurangi Pengangguran, Ditengah Pandemi Covid-19 Pemkab Kendal Gelar Job Fair Online 2021

 58 total views,  58 views today

*Sediakan Ratusan Pekerjaan Berbagai Sektor
*Dibuka, 4.000 Lebih Pencari Kerja Mendaftar

BOSTHOMSON, KENDAL – Dalam rangka mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Tenaga Kerja Kendal menggelar Job Fair Online 2021. Kegiatan tersebut diadakan selama dua hari di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Hari pertama resmi dibuka oleh Bupati Kendal, Rabu (16/6/2021) kemarin, setidaknya sudah ada 4.000 lebih pencari kerja yang mendaftar secara online melalui bursa kerja tersebut.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, melalui job fair ini, Pemerintah Kabupaten Kendal serius untuk mengurangi pengangguran di Kendal dengan menggandeng berbagai perusahaan sdalam berbagai bidang sebagai penyedia lapangan pekerjaan.

“Job fair ini berbeda dengan tahun-tahun lalu yang biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. Namun disituasi pandemic Covid-19 yang belum usai ini, kegiatan job fair dilakukan secara online (layanan virtual) untuk menghindari kerumunan dan penyebaran/penularan virus covid-19,” katanya, saat membuka Job Fair Online 2021 tersebut.

Dico mengungkapkan, dengan job fair online maka para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan dan lainya. Karena bisa mencari dan melamar dari rumah dengan cara online melalui www.e-duniakerja.id/pencari. Meski mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang perusahaan.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, pencari kerja cukup melamar pekerjaan melalaui job fair online ini. Silahkan melamar pekerjaan ke perusahaan sesuai dengan bidang dan kompetensinya masing-masing,” ungkapnya.

Berdasarkan data badan statistik tahun 2020, angka kerja di Kabupaten Kendal ada sebanyak 533.376 orang, dengan jumlah tingkat pengangguran sebesar 7,56%. Maka dari itu pemerintah kabupaten Kendal akan membantu mempermudah pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, salah satunya melalui kegiatan Job Fair Online ini.

“Bursa kerja ini diikuti 24 perusahaan, serta tersedia 916 lowongan untuk para pencari kerja. Pencari kerja juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis,” tandas Dico.

Dico berharap para pengusaha untuk terus mengembangkan investasinya di wilayah Kabupaten Kendal, sehingga terciptanya lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat Kendal.

“Pemerintah akan siap memfasilitasi keinginan perusahaan dalam pencari angkatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha,” tukasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kendal M Sukron Samsul Hadi mengatakan, job fair dilakukan untuk memfasilitasi dengan mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaaan dengan para pencari kerja secara langsung dalam pameran informasi bursa kerja. Selain itu optimalisasi kinerja bursa kerja bagi para lulusan dan masyarakat pencari kerja se-Kabupaten Kendal.

“Dan meningkatkan angka penempatan tenaga kerja melalui fasilitas pameran informasi bursa tenaga kerja secara online,” katanya.

Sukron menjelaskan, job fair online diikuti peserta 24 perusahaan yang berasal dari Kendal dan sekitarnya. Perusahaan perserta bergerak dalam berbagai sektor usaha, antara lain garmen, retail, perbankan, pembiayaan, manufaktur, industri, kesehatan dan lainya. Dengan membuka dan menawarkan pekerjaan   964 posisi di perusahaan. Job fair juga diikuti oleh 34 kabupaten/kota se Jawa Tengah, 20 kecamatan se Kendal, 386 desa/kelurahan ditambah 34 BKK yang dimiliki SMK baik negeri dan swasta di Kendal.

“Bursa kerja ini mempertemukan pencari kerja dengan pengguna kerja secara online dimulai dari pendaftaran pencari kerja, pembimbingan sampai dengan tahap melamar pekerjaan yang tersedia dengan menggunakan web www.e-duniakerja.id/pencari. Sampai jam 11.00 ini, sudah masuk 4.035 jumlah pelamar,” jelasnya, didampingi Plt Sekertaris Dinas Tenaga Kerja Heru Yuniarso. (*)

Editor: Abi Zhaf

Pos terkait