DPMD dan Dinkes Kabupaten Sukabumi Monitoring ODF di Desa Bojongraharja Cikembar – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: DPMD dan Dinkes Kabupaten Sukabumi Monitoring ODF di Desa Bojongraharja Cikembar

JURNALSUKABUMI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) bersama tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi memonitoring pelaksaan Open Defecation Free atau ODF di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi Rabu (16/6/21).

Kedatangan DMPD dan Dinkes Kabupaten tersebut disambut oleh Forum Komunikasis Muspika Cikembar. Para petugas dari dua dinas itu melakukan peninjauan lapangan di Kampung KB di Kampung Dano.

“Menurut pengamatan kami, Cikembar sangat bagus dari mulai sekertariat, administrasi serta kegiatan lapangannya pun jelas dan nyata. Artinya, masyarakatnya sudah punya akses ke jamban layak dan sehat” ujar Thendy Hendrayana, Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi.

Thendy menambahkan Kecamatan Cikembar diajukan ke Provinsi untuk menjalani verifikasi lapangan. Tetapi, panitia dari provinsi memilih kecamatan yang lain. Ini menyakinkan bahwa penilaian ODF itu benar-benar obyektif dan tidak bisa direkayasa.

“Tapi karena kita pun ingin memberikan penghargaan kepada desa maupun kecamatan yang sudah melangkah untuk memperbaiki kehidupan masyarakat terutama cara BAB yang tidak sembarangan. Maka hari ini kita memberikan perhatian untuk memonitoring ke lapangan. Memastikan bahwa Masyarakat Cikembar ini sudah punya akses ke jamban layak dan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar, mengaku senang wilayah desanya menjadi percontohan mewakili Kecamatan Cikembar untuk verifikasi lapangan ODF tingkat kabupaten. “Ya sangat senang bahwa desa kami dijadikan percontohan perwakilan dari Kecamatan Cikembar,” imbuhnya.

Reporter: Ruslan AG | Redaktur: Mohammad Noor

Pos terkait