Dukcapil Terus Waspada, Cyber Security System Diperkuat – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Dukcapil Terus Waspada, Cyber Security System Diperkuat

JAKARTA – Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah mengungkapkan, upaya kejahatan siber terhadap data center Dukcapil kerap terjadi tapi tim dan sistem Dukcapil masih bisa menahan serangan.

Bacaan Lainnya

Dalam suatu podcast dengan Bursah, Zudan mengisahkan, “Pernah suatu ketika kami melakukan pengecekan data base di pusat, yang mengejutkan adalah, dalam 30 Detik itu ada 1 serangan,”.

“Jadi, 1 menit itu dua serangan, jadi dalam satu jam pernah lebih dari 120 serangan,” kata Zudan sebagaimana dikutip ,EDIA 24 JAM dari podcast tersebut, Selasa (15/6/2021)

Dari pengalaman tersebut, kata Zudan, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan dari kejahatan siber terhadap data penduduk di pusat data Ditjen Dukcapil Kemendagri. “Cyber Security kita, kita tingkatkan terus menerus,”.

Dalam membangun sistem keamanan siber yang andal, Zudan mengungkapkan, pihaknya juga menggandeng otoritas siber dan sandi negara, BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

“Alhamdulilah mutakhir, tapi kita tidak boleh takabur, karena yang namanya pencuri, penjahat, itu kan ingin maju terus,” kata Zudan.

Lebih jauh, Zudan mengungkapkan, Ditjen Dukcapil juga memiliki 3 data center yang terpisah. Sehingga, resiko hilangnya data kependudukan nasional bisa diminimalisir. Bukan hanya akibat serangan siber tapi juga akibat hal lain seperti gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Ketiga data center itu, 1 di Kepri, 1 di Jakarta Selatan dan 1 lainnya di Jakarta Pusat.***

Pos terkait