Cara Mematikan Jaringan 5G Terbaru – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Cara Mematikan Jaringan 5G Terbaru

 MEDIA24JAM

© Androidworld

Semakin banyak ponsel menawarkan dukungan untuk jaringan 5G, dan ini juga semakin berlaku untuk ponsel kelas menengah dan kebawah. Namun, untuk saat ini, manfaat bagi konsumen masih sangat terbatas dan jaringan 5G hampir tidak lebih cepat, dalam beberapa kasus ternyata menjadi lebih lamban. Jika Anda ingin menonaktifkan 5G untuk mencegahnya atau untuk menghemat baterai Anda, ikuti langkah-langkah dalam artikel ini.

5G di ponsel Android

Dengan diperkenalkannya Qualcomm Snapdragon 480 dan Snapdragon 690 baru-baru ini , chipset dari segmen menengah dan kebawah, pasokan ponsel 5G akan meningkat pesat di tahun mendatang. Untuk ponsel kelas atas yang dirilis pada tahun lalu dan tentunya juga tahun ini  dukungan 5G selalu tersedia. Pengecualian untuk ini adalah perangkat Samsung Galaxy S20 dengan Exynos 990 tanpa modem 5G tambahan, atau ponsel OnePlus yang dipasarkan dengan 5G.

Keuntungan 5G termasuk kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dengan latensi yang jauh lebih rendah, seharusnya memungkinkan untuk bermain game dengan penundaan yang lebih sedikit dan dengan demikian juga bermain secara kompetitif melalui jaringan seluler. Latensi adalah waktu antara pelaksanaan suatu tindakan dan kedatangan tindakan di server agen game.

Efek 5G Terbatas

Dalam praktiknya, sedikit dari perbaikan ini yang membuahkan hasil untuk saat ini. Masalah ini ada dua – di satu sisi, infrastruktur tulang punggung sering kali belum dioptimalkan untuk 5G, dan di sisi lain, Anda hanya dapat memanfaatkan 5G di Belanda pada frekuensi rendah di bawah 2000 MHz. Pada frekuensi tersebut, keunggulan 5G sangat terbatas, terkadang dengan koneksi yang sedikit lebih cepat. Pada saat yang sama, 5G dapat menggunakan lebih banyak energi; apalagi sekarang masih tergolong baru, modem terkadang masih kurang efisien dan bisa berdampak pada daya tahan baterai anda.

Jika Anda mendapati bahwa baterai Anda terkuras lebih cepat setelah Anda mulai menggunakan 5G, mungkin ada baiknya Anda mematikan 5G. Hal yang sama berlaku jika kecepatan jaringan menurun. Di bawah ini Anda dapat membaca bagaimana di ponsel Android Anda dapat memilih untuk hanya menerima 2G, 3G dan 4G dan dengan demikian mengecualikan 5G.

Cara Anda mematikan 5G

Di bawah ini kami menjelaskan langkah-langkah yang berlaku untuk ponsel Samsung dan perangkat yang pada dasarnya lebih mirip ponsel Pixel. Menonaktifkan dukungan 5G untuk ponsel Android Anda mungkin akan serupa dengan kedua langkah tersebut. Selalu cari opsi untuk menunjukkan preferensi jaringan di menu pengaturan.

Rencana langkah demi langkah untuk Samsung:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Arahkan ke Koneksi
  3. Di bawah Koneksi di Jaringan Seluler
  4. Kemudian klik Mode Jaringan Network
  5. Pilih 4G/3G/2G (koneksi otomatis)

Rencana langkah demi langkah untuk ponsel Android lainnya:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Arahkan ke  Wifi & Jaringan
  3. Di bawah  Wi-Fi & Jaringan, klik  SIM & Jaringan
  4. Kemudian klik  Jenis jaringan pilihan
  5. Pilih LTE (atau  4G ) sebagai jaringan pilihan 

Jika tersedia, ponsel Android Anda sekarang ‘memilih’ jaringan 4G dan karena itu Anda tidak lagi terhubung secara otomatis ke menara seluler 5G. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, langkah dapat berbeda per ponsel Android, atau menu tertentu diberi nama yang berbeda. Apakah Anda berencana untuk (sementara) menonaktifkan 5G di ponsel Anda? Pastikan untuk memberi tahu toniirawan.com di komentar di bagian bawah artikel.

Pos terkait