WhatsApp: Penipuan Berkedok Wanita Cantik – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: WhatsApp: Penipuan Berkedok Wanita Cantik

 MEDIA24JAM

© t-online/Mayank Makhija/imago images

MEDIA24JAM — Sekarang ada banyak upaya penipuan di semua perpesanan – termasuk WhatsApp. Menurut T-online saat ini melaporkan pesan mencurigakan yang mereka terima melalui Messenger. Apa yang harus kita waspadai.

Pengguna WhatsApp saat ini menerima pesan misterius, diduga dari  Hong Kong atau China. Di dalamnya, wanita muda cantik berpura-pura menjadi teman lama dan mencoba melibatkan penerima dalam percakapan. 

Beberapa pengguna melaporkan berita tersebut ke t-online dan membuat tangkapan layar tersedia. Teks dan gambar bervariasi sebagian, tetapi ada juga banyak kesamaan. Selfie seorang wanita muda keturunan Asia termasuk dalam pesan yang ditulis dalam bahasa Jerman atau Inggris.

Si “cantik tak dikenal” berpura-pura ingin segera pergi ke Jerman dan menyarankan untuk bertemu. Pengguna diminta untuk membalas pesan atau menghubungi mereka melalui tautan. Referensi tentang dugaan kunjungan keluarga, anekdot pribadi, dan pertanyaan tentang situasi pandemi di Jerman juga menghiasi pesan tersebut dan seharusnya membangkitkan kepercayaan dan kasih sayang.

Penipuan sudah diketahui

Para scammer tampaknya telah menerjemahkan pesan versi Jerman dari bahasa Inggris dengan bantuan penerjemah Google . Mustahil untuk langsung mengetahui dari mana gambar-gambar itu berasal. Setidaknya salah satu foto yang tersedia untuk tim editorial t-online tampaknya merupakan gambar yang dibuat oleh komputer. 

Semuanya juga menunjukkan bahwa itu adalah spam penipuan . Pesan tersebut bertujuan untuk membangun hubungan pribadi dengan penerima untuk meminta uang nanti dalam percakapan. Para ahli berbicara tentang penipuan asmara.

Media berbahasa Inggris juga telah melaporkan penipuan tersebut. The Singapore “The Independent” melaporkan percobaan penipuan pada Maret 2021. Pada saat itu, pengguna di Singapura menerima pesan serupa, tetapi alih-alih Deutschland / Jerman, “Singapura” disebut sebagai negara target dalam teks.

Pesan dikirim dari nomor yang berbeda dari negara yang berbeda. Namun, pengguna harus membalas nomor Hong Kong yang diberikan dalam obrolan. Bahkan, seseorang melapor ke nomor yang ditentukan.

Dari mana scammer mendapatkan nomor saya?

Penipu bisa saja membuat nomor Anda secara acak atau mendapatkannya dari pelanggaran data. Itu terjadi berulang kali bahwa peretas kriminal mendapatkan data pengguna pribadi melalui kebocoran data atau server yang tidak diamankan dengan baik. Mereka kemudian dapat menjualnya di forum khusus di Darknet .

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda tidak boleh memberikan data pribadi yang tidak perlu (di Internet ). Juga disarankan untuk menghapus akun lama untuk mencegah pencurian data. Baca di sini cara menemukan dan menghapus akun yang terlupakan .

Apa yang harus saya lakukan jika saya mendapatkan pesan seperti ini?

Tidak membalas. Juga, jangan mengklik tautan atau mengunduh media seperti gambar, video, atau file lain jika kontak mengirimi Anda beberapa. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menonaktifkan unduhan otomatis file di pengaturan WhatsApp.

Anda juga dapat melaporkan kontak yang mencurigakan di WhatsApp sebelum memblokirnya. Ini bekerja seperti ini:

  1. Buka obrolan dengan kontak yang relevan.
  2. Klik pada tiga titik di sudut kanan atas dan kemudian pada “Lainnya”.
  3. Di sini Anda memilih “Laporkan”.

WhatsApp bertanya lagi apakah Anda benar-benar ingin melaporkan kontak tersebut. Kemudian, menurut informasi mereka sendiri, akses ke “pesan terakhir dari kontak ini” diteruskan ke WhatsApp. Anda juga dapat memilih untuk memblokir dan menghapus kontak.

Jangan lupa untuk bookmark MEDIA24JAM dan berkomentar, karena akan ada banyak berita teknologi tips dan trik menarik lainnya

Pos terkait