Jangan Sepelekan! Berikut Beberapa Penyakit yang Bisa Menandai Telatnya Datang Bulan

  • Whatsapp
Jakarta

Biasanya telat datang bulan sering dikaitkan dengan kehamilan, terutama bagi wanita yang sudah menikah. Terlambat datang bulan adalah fenomena yang sering dialami oleh tiap wanita Namun, ternyata tidak semua wanita yang telat datang bulan itu mengandung. Banyak juga yang cemas jika waktu datang bulannya terlambat. Berbagai faktor dapat mempengaruhi hal tersebut, yakni gaya hidup dan faktor medis lainnya. Telat datang bulan juga bisa disebabkan oleh penyakit. Kira-kira penyakit apa saja yang menyebabkan terlambatnya datang bulan? Simak penjelasan berikut ini

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)





PCOS / sumber : freepik

PCOS adalah penyakit kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh, sehingga terdapat gangguan dari fungsi indung telur. Penderita penyakit ini memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan, sehingga menyebabkan sel telur tidak berkembang dan gagal dilepaskan. Penyakit ini juga menjadi salah satu pemicu terlambat datang bulan. Penderita PCOS hanya akan mengalami datang bulan kurang dari 8-9 kali dalam setahun.

Ketidakseimbangan Hormon




sumber : freepik
sumber : freepik

Ketidakseimbangan hormon juga dapat memicu telatnya datang bulan. Terdapat dua hormon yang memicu hal ini, yakni hormon estrogen dan hormon progesteron. Kedua hormon tersebut dapat mempengaruhi kesuburan dan siklus haid, serta dapat membantu mengatur sistem reproduksi. Dan apabila terdapat masalah di salah satu hormon, maka datang bulan juga akan berpengaruh. Sehingga hal itu yang menyebabkan datang bulan menjadi terlambat.

Kista

Siklus datang bulan yang tidak teratur atau terlambat juga bisa disebabkan oleh penyakit kista. Tumor jinak ini dapat menimbulkan rasa nyeri saat sedang mengalami datang bulan. Jika kalian merasa terdapat benjolan yang berisi cairan ataupun semisolid yang muncul pada bagian tubuh kalian, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Gangguan Tiroid

Tiroid juga dapat menyebabkan telatnya datang bulan, karena kelenjar yang terdapat di dalam tubuh juga berperan untuk mengatur metabolisme tubuh. Beberapa gejala seperti kerontokan rambut, kelelahan, berat badan baik-turun menjadi salah satu gejala apabila kalian mengalami gangguan tiroid. 

Itu adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan telat datang bulan. Tidak ada salahnya segera konsultasi ke dokter ketika kalian mengalami telat datang bulan. 

(mel/mel)

Pos terkait