Jangan Sampai Kejebak, Ini Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dan Legal yang Wajib Kamu Ketahui

  • Whatsapp
ciri ciri aplikasi pinjaman online terpercaya dan legal

MEDIA 24 JAM: Jangan Sampai Kejebak, Ini Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dan Legal yang Wajib Kamu Ketahui –

Di era teknologi seperti sekarang, siapa sih yang enggak tahu aplikasi pinjaman online? Aplikasi fintech yang sedang booming selama dua tahun belakangan ini memang banyak sekali memberikan manfaat bagi masyarakat.

Salah satu manfaat yang didapat yakni memberikan kredit untuk orang yang belum pernah mendapatkan sebelumnya.

Tak hanya itu, pendaftaran yang sangat mudah dan bisa lewat HP seakan-akan menjawab kebutuhan warga Indonesia dalam urusan layanan keuangan yang selama ini terkesan ribet. Kamu dapat mendaftar akun aplikasi pinjaman online di rumah sambil rebahan, tanpa harus datang ke cabang terdekat.

Baca juga: 3 Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Tanpa Jaminan [Terbaru 2021]

Tetapi, tak sedikit oknum-oknum yang memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pinjaman online. Sebab banyak sekali fintech bodong atau nakal yang dapat merugikan para nasabah.

Dikutip dari Kompas, sebanyak 3.198 fintech lending ilegal yang diblokir oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2018 hingga April 2021.

Baca juga: 5 Keunggulan dan Manfaat Pinjaman Kredit Tanpa Agunan Yang Perlu Diketahui

Oleh sebab itu, jangan sampai salah memilih. Lebih baik kenali terlebih dahulu ciri-ciri aplikasi pinjaman online terpercaya dan terdaftar resmi di OJK, berikut ini.

1. Terdaftar Resmi di OJK

Lembaga atau perusahaan keuangan yang kredibel dan legal sudah pasti terdaftar di OJK. Peran OJK seperti regulator lembaga keuangan di Indonesia sekaligus menjadi pengawas.

Jadi, untuk lembaga keuangan online maupun offline harus tetap mendapatkan izin resmi atau legal dari OJK apabila mau berjualan produknya.

Hal ini tentu saja kembali lagi ke fungsinya untuk melindungi warga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Bunga dan Biaya Admin yang Transparan

Maraknya layanan aplikasi pinjaman online ilegal membuat debitur menjadi korban. Mulai dari “mata elang” atau debt collector yang kelewat kurang ajar, sampai dengan modus penipuan dengan memberikan bunga mencekik.

Belum lagi dengan modus biaya admin tersembunyi, sehingga debitur seolah-olah tidak tahu tentang biaya-biaya yang dibebankan.



Demikian sedikit wawasan untuk anda dari kami ini dengan judul Jangan Sampai Kejebak, Ini Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dan Legal yang Wajib Kamu Ketahui semoga bermanfaat untuk anda semua pembaca setia MEDIA 24 JAM.

Pos terkait