Sehari Ada 11 Pemakaman Pasien Covid di Kudus, Petugas Sampai Kelelahan – MEDIA24JAM

  • Whatsapp
blank

MEDIA 24 JAM: Sehari Ada 11 Pemakaman Pasien Covid di Kudus, Petugas Sampai Kelelahan

MEDIA24JAM – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus memang meningkat tajam.

Dari informasi yang dihimpun, Tim Pemakaman pasien Covid-19 memakamkan 11 jenazah dalam satu hari.

Bahkan karena kerapatan waktu pemakaman, tim tersebut harus menunggu di rumah sakit dan masih menggunakan APD.

Tidak jatang mereka pun tertidur sembari menjnggu jenazah dengan masih menggunakan APD.

Video mereka tertidur saat masih menggunakan APD viral di media sosial.

Di video yang direkam pada malam hari, para tim pemakaman pasien terlihat tidur terpisah beralaskan tanah hingg tidur di atas bak mobil tak jauh dari ambulans yang terparkir.

Komentar beragam membanjiri postingan video yang juga diunggah oleh akun Facebook “Kudus Viral”.

Jumlah pemakaman pasien Covid-19 melonjak

Saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kudus Budi Waluyo membenarkan jika sejumlah orang berbalut APD yang tiduran di halaman rumah sakit di Kudus tersebut adalah petugas pemakaman jenazah Covid-19.

Ia mengatakan mereka istirahat di sela-sela pemakaman pasien Covid-19 yang melonjak sejak beberapa hari terakhir di Kudus.

“Video direkam beberapa hari lalu saat ada pemakaman pasien Covid-19 sehari 11 kali. Mereka menyempatkan istirahat dengan cara seperti itu di sela jadwal padat pemakaman yang melonjak,” kata Budi dilansir dari kompas.com, Selasa (1/6).

“Meski tak nyaman dan panas, mereka tak mengeluh dan ikhlas. Doanya untuk mereka yang bertugas sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” terangnya.

Ia mengatakan setelah memakamkan pasien Covid-19 yang meninggal, para petugas memilih langsung ke rumah sakit karena banyaknya jenazah yang harus dimakamkan.

“Mereka itu tiduran yang istilah jawanya ngeluk geger. Menunggu sembari santai dan akan langsung respons cepat saat ada panggilan tugas. Ketimbang bolak-balik ke kantor BPBD, mereka memilih langsung di rumah sakit karena padat jadwal,” kata Budi.

Hingga Sabtu (29/5/2021), Pemerintah Kabupaten Kudus mencatat ada 280 orang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit dan 910 orang positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Pos terkait