Pastikan Program Pusat Keunggulan di SMK NU 01 Kendal Berjalan Baik – MEDIA 24 JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Pastikan Program Pusat Keunggulan di SMK NU 01 Kendal Berjalan Baik – MEDIA 24 JAM

*Tim Direktorat SMK dan Staf Kepresidenan Monitoring dan Evaluasi
* Jurusan TKRO  Jadi Pusat Unggulan

KENDAL – Tim Direktorat SMK dan Staf Kepresidenan melakukan monitoring dan evaluasi SMK CoE (Center of Excellece) di SMK NU 01 Kendal, Selasa (25/5/2021). Hal itu untuk memastikan bahwa program pusat keunggulan di sekolahan tersebut berjalan dengan baik. Mengingat sekolah tersebut belum lama ini mendapatkan bantuan untuk penyediaan gedung, sarana prasarana praktek siswa dan pembelajaran program pusat keunggulan.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia KSP,  Agung Hardjono mengatakan, bahwa sesuai dengan harapannya program pusat keunggulan ini berjalan dengan baik. Hal itu setelah timnya dan staf kepresidenan melihat langsung gedung dan sarana pembelajaran program pusat keunggulan di sekolahan tersebut. Sasaran pemberikan bantuan yang sudah dilakukan sebagai upaya peningkatan pendidikan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan pemerintah.

“Sehingga lulusan nanti, dengan program SMK pusat keunggulan ini dapat diserap dunia industri. Pembelajaran yang dilaksanakan juga sesuai dengan ketrampilan yang ada,” katanya.

Dengan sarana yang memadai memberikan peluang bagi lulusan SMK bisa diserap sesuai dengan ketrampilan dan bisa membuka usaha sendiri. Lebih lagi sekolah dibawah Nahdlatul Ulama (NU) ini mampu bertahan karena pendidikannya yang lebih kompleks dan memudahkan anak didik untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Fokus program SMK Pusat Keunggulan berupa penguatan SDM.

“Yakni penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. Yakni yang diberikan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” ungkap Agung Hadjono.

Program SMK Pusat Keunggulan akan berjalan selama empat tahun untuk melihat perkembangan sesuai tahap-tahap yang telah direncanakan dalam desain program. Dalam kurun waktu tersebut, diharapkan sudah ada dampak yang bisa dilihat, terutama pada kualitas lulusan yang siap kerja sehingga dapat terserap ke industri maupun menjadi wirausaha.

“Kalau sekolahnya sudah bagus, bisa jadi tahun ini sudah masuk ke level tiga. Sehingga program ini ada empat level,” ujar Agung Hadjono.
SMK Pusat Keunggulan diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha atau industri.

” dan menjadi pendukung kearifan dan keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu,” tandas Agung Hadjono.

Kepala SMK  NU 01 Kendal Muhamad Izzudin mengatakan mengatakan, program SMK pusat keunggulan mengusung semangat merdeka belajar berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan. Kemudian mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program tersebut memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global. Di Kabupaten Kendal SMK Pusat Keunggulan dilakukan SMK  NU 01 Kendal yang menjadikan jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang diunggulkan.

“TKRO dikedepankan karena sudah mendapatkan bantuan Rp 1,3 miliar untuk penyediaan gedung, sarana prasarana praktek siswa dan pembelajaran. Harapan kami SMK  NU 01 Kendal menjadi pusat pembelajaran bagi sekolah kejuruan karena sudah mempunyai fasilitas yang memadai,” harapnya. (Win/Zhf)

Pos terkait