Malware Android FluBot menyebar seperti flu, apa itu FluBot? – MEDIA24JAM

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Malware Android FluBot menyebar seperti flu, apa itu FluBot?

 

© Android Planet

Malware Android FluBot menyebar seperti flu: Anda perlu mengetahui ini

Malware baru FluBot mempengaruhi pengguna Android dengan menyebar melalui pesan dan email Anda seperti flu. Sekarang juga banyak korban di Belanda. Anda perlu mengetahui beberapa fakta ini.

FluBot: Yang Perlu Anda Ketahui

Malware FluBot bekerja seperti ini. Anda akan menerima pesan teks dari orang yang disebut pengirim yang memberi tahu Anda bahwa paket sedang dalam perjalanan ke Anda, atau telah ditunda. Anda akan diminta untuk mengklik tautan untuk melacak paket, setelah itu Anda harus mengunduh aplikasi dari DHL atau UPS untuk mengawasi ‘pesanan’ Anda.

Dalam file apk malware FluBot disembunyikan dan jika aplikasi diinstal pada ponsel cerdas Anda, itu sangat salah. RTL Nieuws menulis bahwa puluhan ribu orang Belanda telah terpengaruh.

© Android Planet

Berkat FluBot, penjahat memiliki akses ke seluruh ponsel Anda dan mencoba mencuri uang dengan melihat aplikasi perbankan Anda. Malware menyerang saat Anda mentransfer, misalnya ke teman atau anggota keluarga, dengan mengubah jumlah dan penerima saat Anda mengonfirmasi transfer. Akibatnya, banyak uang tiba-tiba ditransfer ke rekening bank lain.

Menurut Android PlanetFluBot juga melihat nomor kontak Anda, untuk menggunakan semua nomor telepon itu untuk mendistribusikan dirinya sendiri. Pesan teks dikirim ke pengguna Android dan iPhone, tetapi pemilik Android sangat rentan. Di sistem operasi seluler Google, mengunduh dan menginstal aplikasi di luar Play Store relatif mudah. Ini tidak mungkin dilakukan dengan iOS, karena pengguna Apple hanya dapat menginstal aplikasi dari App Store yang – diamankan dengan baik. Oleh karena itu, mereka lebih kecil risiko terkena FluBot.

Lindungi diri Anda dari FluBot

Pesan teks yang mencoba menginfeksi ponsel cerdas Anda dengan malware FluBot cukup mudah dikenali. Pesan sering dikirim dengan nomor acak dan terkadang penuh dengan kesalahan ejaan. Selain itu, Anda dapat dengan cepat melihat dari tautan di pesan teks bahwa ini bukan tentang situs web perusahaan seperti DHL dan UPS. Di bawah ini adalah contohnya.

© Android Planet

Sangat penting bagi Anda untuk memeriksa pesan teks yang Anda terima dan tidak mengklik tautannya. Jika Anda menggunakan aplikasi Google Messages, Anda akan melihat bahwa pesan teks FluBot dikenali sebagai spam secara default dan ditempatkan di semacam folder spam. Dengan cara ini, Android secara otomatis memperingatkan terhadap pesan berbahaya, meskipun penting juga untuk tetap waspada. Melalui ‘Pesan -> Pengaturan -> Perlindungan spam‘ Anda dapat memeriksa apakah fungsi yang berguna ini diaktifkan di ponsel Anda.

Juga relatif mudah untuk melihat apakah perangkat Android Anda terinfeksi malware FluBot. Jika ini masalahnya, Anda seringkali tidak dapat lagi melihat daftar semua aplikasi yang ada pada ponsel cerdas Anda. Buka ‘Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Tampilkan semua aplikasi‘ untuk memeriksa apakah Anda memiliki akses ke ikhtisar ini.

Hapus FluBot

Terakhir, hanya ada satu cara untuk menghilangkan malware FluBot dari ponsel Android Anda. Anda melakukan ini dengan mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik dan karena itu mengosongkannya sepenuhnya. 

Melalui aplikasi pengaturan Anda akan melihat opsi ‘Atur ulang opsi’ di bawah ‘Sistem’ dan di sini Anda dapat sepenuhnya mengosongkan telepon Anda. Harap dicatat bahwa Anda akan kehilangan data penting jika Anda tidak secara teratur mencadangkan ponsel Android dan cadangan WhatsApp Anda .

© tonid.de

Tentang malware Android

Jadi pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari layanan pengiriman dan toko melalui Play Store: maka Anda dapat yakin bahwa Anda memiliki aplikasi resminya. Selain itu, anda harus cerdas untuk memberikan perhatian ekstra pada pesan teks yang Anda terima dalam waktu dekat, dan tidak hanya mengeklik tautan. Pastikan tidak ada aplikasi yang tidak bernama alias blank itu adalah Malware.

Pos terkait