Ini Tips Cara Menabung yang Unik

  • Whatsapp

MEDIA 24 JAM: Ini Tips Cara Menabung yang Unik

Untuk beberapa orang, menabung merupakan hal yang sulit. Seringkali walaupun berbagai cara sudah dilakukan, namun tidak juga membuahkan hasil.

Mulai dari memisahkan dompet, menyisihkan uang, mencatat pengeluaran dan pemasukan, hingga menyimpan tabungan di kolong kasur biar nggak mudah diambil, namun tetap saja ujung ujungnya tabungan enggak juga terkumpul.

Namun, jangan cepat menyerah, karena menabung itu penting. Bukan hanya sebagai simpanan dan cadangan uang, kamu juga jadi sekalian belajar mengelola dan menyimpan uang supaya gak boros.

Kamu bisa coba cara cara unik di bawah ini. Siapa tahu, cocok dan bermanfaat buat kamu.

Menabung dengan nominal sesuai tanggal

Kamu bisa mencoba menabung dengan jumlah nominal sesuai tanggal atau jumlah uang sama dengan tanggal hari ini. Misalnya bila mulai menabung tanggal 1 September, maka nominalnya bisa Rp1.000, Rp11.000, Rp111.000 dan Rp1.111.000.

Begitu pula seterusnya, kamu bisa menyesuaikan nominal dengan tanggal pada hari itu. Kamu bisa melakukan aktivitas itu selama satu bulan full dari tanggal 1 sampai tanggal 29. Sementara tanggal 30 dan 31, bisa untuk istirahat sejenak. 

Tabungan 10.000

Nominal 10 ribu mungkin dianggap recehan dan rasanya tidak terlalu besar. Mungkin kamu jadi merasa tidak terbebani dong kalau menabung dengan nominal 10 ribu. Namun walaupun nominal recehan, lama lama 10 ribu bisa kamu belikan handphone baru loh, asal kamu menabung dengan rutin dan konsisten. 

Bila punya sisa uang belanja dengan pecahan Rp10 ribu, sebaiknya langsung disisihkan. Atau, kamu bisa mengganti besaran uang tersebut, misal menjadi tabungan 5 ribu, 20 ribu dan lainnya sesuai selera. Ingat pepatah sedikit sedikit lama lama jadi bukit.

Tabungan atau investasi berjangka

Tabungan ini bisa sekaligus investasi. Selain itu, cocok banget buat orang yang paling enggak bisa nahan ambil tabungan buat jajan. Kamu bisa masukan uang tabungan ke tabungan berjangka seperti deposito, obligasi, dengan begitu, kamu tidak bisa ambil tabungan sesuka hati.

Bahkan, ada denda jika kamu memaksakan mau ambil uang tabungan sebelum jatuh tempo. Selain itu, tabungan jenis ini terjamin dan resikonya rendah sekali. Jadi aman banget deh.

Menabung ala Tiktok

Beberapa waktu lalu, viral cara menabung di tiktok dengan sebutan #NabungChallange. Orang orang ramai menabung dengan target 10 juta di celengan dengan rentan waktu yang ditentukan masing masing orang. Yang unik dari cara menabung ini adalah kamu menentukan berapa nominal yang harus dimasukan ke tabungan dengan tabel yang sudah disusun. 

Cara menabung ala tiktok ini adalah pertama, kamu tentukan dahulu berapa target jumlah tabungan yang kamu inginkan. Kedua, tentukan jangka waktu menyelesaikan tabungan, juga berapa kali kamu harus menabung. Ketiga, buat tabel sebanyak jumlah berapa kali kamu harus menabung, dan isi tabel dengan nominal yang jumlahnya harus sesuai dengan target. 

Misal kamu mau menabung dengan target 500 ribu, kemudian kamu menargetkan 10 kali menabung. Maka kamu bisa mengisi tabel dengan nominal 10 ribu, 100 ribu, 50 ribu, 15 ribu, 20 ribu, 150 ribu, 30 ribu, 80 ribu, 5 ribu, dan 40 ribu. Dan setiap kamu memasukan uang dengan nominal tersebut, jangan lupa mencoret nominal tersebut yang ada dalam tabel.

Lomba menabung

Tips yang ini menantang nih. Terkadang ada orang yang baru bisa melakukan sesuatu berkat dorongan orang lain. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa coba lomba menabung dengan pacar, teman atau keluarga. Kamu bisa tentukan berapa target dan jangka waktu menabung.

Menang dari kompetisi itu bisa mendapat hadiah yang sifatnya tidak perlu dibeli dengan uang. Misalnya bila kompetisi ini dilakukan bersama orang serumah, hadiahnya berupa bebas tugas dari cuci piring, baju, atau bersih-bersih rumah.

Kamu mau coba cara yang mana? Bagaimana pun cara yang kamu pilih untuk menabung, semoga segera terlaksana dan mencapai target ya! semangat!

Pos terkait